Puting Payudara Sering Gatal? Ini Dia Alasannya!

By Indra Pramesti, Senin, 12 Maret 2018 | 11:45 WIB
Ini alasannya! (Indra Pramesti)

Tubuh kita memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. Begitu pun dengan bagian tubuh seperti organ-organ intim perempuan. Selain bisa muncul benjolan, puting payudara kita juga bisa mengalami gatal-gatal. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan puting payudara kita mengalami gatal-gatal? Ini dia jawabannya!

(Baca juga: Yang Wajib Cewek Tahu Soal Infeksi Jamur Pada Vagina!)

Buat kita yang masih remaja, mengalami gatal-gatal pada bagian puting payudara bukanlah suatu hal yang aneh. Terlebih lagi kalau kita memang pada masa-masa pubertas.

Putting yang gatal menunjukkan kalau payudara kita sedang berkembang. Selain gatal-gatal, kita juga merasakan gejala lainnya seperti puting payudara yang terasa nyeri. Hal ini terjadi karena kulit payudara perlahan-lahan akan tertarik untuk menyesuaikan dengan ukuran payudara yang terus tumbuh.

Sebelum berpikir buruk, gatal-gatal pada puting payudara juga bisa disebabkan oleh alergi pada beberapa produk yang kita pakai, seperti sabun, lotion, atau pun parfum. Produk-produk yang bikin alergi ini biasanya mengandung wewangian dan zat-zat kimia berbahaya lainnya sehingga memicu iritasi.

Bahan baju/bra juga bisa menjadi penyebab puting payudara kita merasa gatal-gatal. Beberapa orang merasa sensitif dengan bahan-bahan seperti wool, polyester atau serat artificial lain sehingga memicu iritasi pada kulitnya. Jadi pastikan memilih jenis bahan baju atau bra yang enggak bikin gatal-gatal ya, girls

Cuaca yang dingin tanpa disadari juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada puting payudara, lho, girls. Selain itu kita juga perlu waspada dengan gejala eczema atau eksim, yakni kelainan kulit krooni yang bikin gatal dan ditandai dengan kulit kering, inflamasi dan eksudasi.