Olahraga Saat Menstruasi Sebenarnya Boleh Atau Enggak, Ya?

By Debora Gracia, Senin, 19 Maret 2018 | 04:55 WIB
Boleh atau enggak? (Debora Gracia)

Saat menstruasi secara otomatis tubuh akan lebih cepat terasa lelah, selain itu juga terjadi perubahan mood yang membuat kita cenderung malas untuk beraktivitas yang memiliki gerakan banyak. Seperti salah satunya berolahraga.

Selain itu, ada juga yang bilang olahraga saat menstruasi hanya akan menambah kram perut saja. Benar atau tidak, ya?

Sebenarnya, olahraga saat menstruasi itu diperbolehkan, lho! Simak 3 penjelasannya.

Kenyataannya, banyak hal baik yang bisa kita dapatkan dari berolahraga saat menstruasi. Alasannya karena mampu memengaruhi kadar hormon endorfin yang gunanya untuk menghilangkan rasa sakit. Sehingga berolahraga saat menstruasi malahan mampu meningkatkan mood kita, mengurangi risiko sakit kepala, mengurangi kram perut, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bahkan peneliti dari University of Vermont mengungkapkan bahwa dengan berolahraga hanya 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam.

Tapi selama menstruasi, sebaiknya berolahraga yang tetap bergerak tapi tidak berlebihan. Apalagi bagian perut saat menstruasi akan jauh lebih sensitif dari biasanya.

(Baca juga: Vagina Lembap Saat Menstruasi? Ini Cara Mengatasinya!)

Usahakan untuk tidak melakukan olahraga yang berat. Lebih baik pilih olahraga seperti jogging, yoga, pilates, atau latihan kardio di rumah selama kurang lebih 15 menit. Hal yang terpenting adalah selalu memahami keadaan tubuh dengan tidak memaksakan diri untuk terlalu capek.

(Baca juga: Penting untuk Kita Tahu, Ini 5 Jenis Bentuk Vagina yang Kita Punya. Kamu yang Mana?)

Berolahraga saat menstruasi sebenanya tidak akan berbahaya, malah bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan ketika menstruasi. Tapi sebaiknya saat berolahraga, kurangi penekanan khusus pada area perut, misalkan saat lagi yoga, hindari posisi yang memberi tekanan penuh pada perut. Karena hal ini akan berpotensi membuat kita kesakitan.

Sebaiknya, olahraga yang mampu menggerakkan seluruh anggota tubuh. Jadi, jangan takut lagi untuk berolahraga saat menstruasi, ya!