5 Kasus Kriminal yang Butuh Belasan Tahun Baru Bisa Diselesaikan (Cold Case). Bahkan Ada yang Masih Diusut

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 11 April 2018 | 11:05 WIB
foto: cosmopolitan.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Tidak sedikit kasus kejahatan yang terjadi di muka bumi ini. Beberapa diantara kasus kejahatan tersebut tergolong keji dan tidak manusiawi. Demi menuntut keadilan, pihak keluarga dibantu pihak berwenang terus berusaha menyelidiki kasus tersebut.

Kasus yang belum terpecahkan dan terus dibuka penyelidikannya dapat kita sebut dengan cold case. Berikut 5 cold case yang baru terpecahkan beberapa tahun setelahnya:

(Baca juga: 5 Seleb Hollywood yang Dulu Pernah Tinggal di Jalanan, Kini Punya Rumah Mewah!)

Michael Hand yang berusia 61 tahun ditangkap setelah terbukti memiliki hubungan kuat dengan kematian Tracy Gilpin. Pada 1986, Tracy Gilpin ditemukan meninggal dengan keadaan luka parah di sekujur tubuhnya. Tracy juga mengalami patah tulang tengkorak.

Demi mengungkap kasus kematian saudarnya, Kerry Gilpin masuk ke penegakan hukum. Setelah 31 tahun berlalu, kasus ini berhasil diselesaikan 12 Maret 2018. Butuh tiga puluh tahun hingga kasus ini berhasil diungkap.

Pada tahun 1996, Jonbenet Ramsey yang merupakan model cilik Amerika ditemukan meninggal di ruang bawah tanah rumah miliknya. Dilansir dari time.com, Ramsey ditemukan meninggal setelah dinyatakan sesak napas.

Ibu dan ayahnya dicurigai sebagai orang di balik kematian ini. Namun, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk mendakwa kedua orang tersebut. Hampir 22 tahun berlalu, kasus ini masih dibuka dan belum selesai hingga sekarang.

Kepolisian San Fransisco masih menelusuri si pembunuh zodiak bahkan hingga hari ini. Sekitar tahun 1968 hingga 1969, lima orang dibunuh yang dimulai dengan penembakan remaja di tempat parkir. Minimnya bukti membuat kasus ini akan segera ditutup.

Namun, tiba-tiba seseorang mengirimkan cerita kepada media yang mengungkapkan bahwa dirinya bertanggungjawab pada seluruh pembantaian tersebut. Bagi pembunuh zodiak, membunuh adalah hal yang menyenangkan.

Setiap baru melakukan kejahatan, pembunuh zodiak akan mengirimkan kode berupa baju atau hal lainnya. Pembunuhan memang telah berakhir, namun hampir 50 tahun berlalu, kasus ini masih diselidiki.

(Baca juga:8 Grup Idol Cowok Ini Semua Membernya Adalah Visual! Kamu Setuju?)

Rashawn Brazell yang berusia 19 tahun ditemukan sudah meninggal pada 2005. Badan, kaki, dan tangannya dibuang di terowongan kereta bahkan pabrik daur ulang. Hingga kini, kepala Rashawn tidak ditemukan.

Kasus pembunuhan Rashawn ini berlanjut hingga 2013 ketika polisi menemukan tas yang dipercaya milik Rashawn dan petunjuk lainnya. Kasus yang hampir ditutup ini, akhirnya dibuka kembali dan masih berlanjut setelah 13 tahun.

Patrick Alford memiliki masa kecil yang tidak mudah. Bagaimana tidak, ibunya ketergantungan terhadap berbagai obat-obatan terlarang dan ia terpaksa tinggal bersama, Librada Moran yang merupakan ibu angkatnya. Pada 2010, Alford yang ditinggal ibunya hanya sebentar tiba-tiba hilang.

Ibu kandung Alford menjadi tertuduh atas kasus ini, namun tidak ada bukti yang cukup kuat. Pencarian Alford masih berlanjut hingga saat ini, begitu pula dengan kasus hukum orang-orang di sekitarnya.

Kathy Page yang berusia 34 tahun dibunuh sekitar tahun 1991 oleh seseorang. Sebelum dibunuh, Kathy diperkosa terlebih dahulu. Ayah Kathy, James Fulton berusaha mencari keadilan pada penegak hukum, namun kasus anaknya tetap tidak bisa terselesaikan.

Akhirnya, James memasang billboard untuk memperingatkan penegak hukum setempat dan terus berlangsung hingga saat ini.

Kasus ini masih terus berjalan dan kemudian menginspirasi film peraih nominasi Oscar, The Billboards Outside Ebbing, Missouri. 

(Baca juga: 5 Orang Ini Enggak Sengaja Merekam Saat-Saat Terakhir Mereka Sebelum Meninggal, Ngeri Banget!)