3 Fakta Tentang Usmar Ismail, Bapak Film Nasional yang Jadi Google Doodle Hari Ini

By Debora Gracia, Selasa, 20 Maret 2018 | 02:37 WIB
Usmar Ismail (Debora Gracia)

Ada yang menarik dari Google Doodle hari ini, karena diangkat dari salah satu tokoh inspiratif Indonesia, yaitu Usmar Ismail. Usmar Ismail adalah tokoh yang punya pengaruh pada perfilman Indonesia, hingga namanya disebut Bapak Film Nasional.

Ini 5 fakta tentang Usmar Ismail yang perlu kita tahu.

Usmar Ismail lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 20 Maret 1921 dan sepanjang kariernya, ia sudah membuat setidaknya 30 film. Usmar mengenyam pendidikan di Yogyakarta hingga belajar tentang sinematografi di Universitas California, Los Angeles, Amerika Serikat pada 1952.

Sejak masih muda, Usmar aktif menjadi pengurus lembaga teater dan film.

Untuk kita ketahui, banyak karya film Indonesia yang melegenda dari Usmar Ismail, antara lain Pedjuang (1960), Enam Djam di Djogja (1956), dan Tiga Dara (1956).

Film Tiga Dara juga yang menjadi latar belakang Google Doodle hari ini dengan nuansa hitam putih. 

Hal yang tambah spesial, film besutan Usmar Ismail berjudul Darah dan Doa (The Long March of Siliwangi) yang diproduksi tahun 1950, menjadi film pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara berdaulat.

Usmar Ismail tidak hanya menjadi sutradara, tapi ia juga peduli dengan pendidikan. Bersama Asrul Sani, ia pun mendirikan Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) tahun 1955.

Akademi ini menjadi lembaga kesenian pertama di Jakarta.