5 Hal Ini Bisa Mencegah Rambut Kita Rusak dari Panas Catokan

By Marcella Oktania, Minggu, 8 April 2018 | 00:15 WIB
cool-haircuts.com (Marcella Oktania)

Bagi kita yang pengin selalu tampil prima, enggak ada salahnya kalau kita akhirnya memakai catokan. Tapi, kita tahu bersama kalau pemakaian catokan yang terlalu sering bisa membuat rambut kita bercabang, terbakar, kering, dan rusak parah! 

Cuma, kita bisa mengurangi resiko pemakaian catokan dengan 5 cara ini!

(Baca juga: 

Cara pertama adalah mencari dan membeli catokan dengan kualitas yang baik. Coba cari catokan yang punya rentang pengaturan panas yang bervariasi, sedangkan catokan dengan harga yang murah biasanya enggak punya banyak rentang pengaturan panas yang baik. 

Penyesuaian panas terhadap tekstur rambut kita juga penting untuk menjaga rambut tetap sehat. Kalau rambut kita tipis, lebih baik menggunakan panas yang minimum. Tapi, bukan berarti kita harus memakai panas yang maksimal kalau punya rambut tebal. Lebih baik, gunakan 1-2 tingkat panas untuk rambut yang super tebal agar rambut kita jauh dari kata rusak.

(Baca juga: 

Cara paling benar untuk melindungi rambut kita dari panas catokan adalah dengan menggunakan heat protectant. Heat protectant, sesuai namanya, bisa melindungi rambut kita dari panas catokan dan membuat rambut rusak. Selain itu, usahakan juga untuk memakai catokan secepat mungkin. Sebisa mungkin, gunakan catokan 3-4 detik untuk setiap bagian rambut.

Yang enggak kalah penting adalah kita memelajari sedikit teknik men-styling rambut. Kita bisa belajar dari langganan hair stylish kita untuk menemukan teknik styling yang lebih ringkas dan baik untuk rambut kita biar enggak cepat rusak.