7 Cara Menghadapi Sifat Cemburu Dalam Pacaran. Pernah Mengalami?

By Indra Pramesti, Jumat, 20 April 2018 | 14:00 WIB
Ini dia cara menghadapi perasaan cemburu saat pacaran! (Indra Pramesti)

Salah satu sifat kita yang paling sering muncul saat lagi pacaran adalah cemburu. Yap, keinginan supaya pacar selalu mengutamakan kita, akhirnya bikin kita jadi enggak jarang khawatir kalau dia lagi deketan sama teman-teman ceweknya.

Sebenarnya wajar atau enggak sih cemburu saat lagi pacaran? Yuk cari tahu 7 cara menghadapi sifat cemburu pada pacar. Pernah mengalaminya?

(Baca juga:

Cemburu (dalam kadar yang kecil) sebenarnya baik

Rasa cemburu sebenarnya enggak akan muncul tanpa alasan. Menurut Dr. Robert L. Leahy, penulis buku The Jealousy Cure, saat pertama kali pacaran, kita enggak terlalu terikat satu sama lain, tapi saat hubungan kita dan pacar semakin berprogres, kita dan dia akan semakin terhubung satu sama lain, semakin mudah bagi kita buat cemburu. Ini karena kita sudah menganggap kalau hubungan tersebut penting.

Meski begitu, cemburu dalam kadar yang cukup kecil sebenarnya adalah gejala yang baik. Asalkan perasaan tersebut enggak kita tutupi terus menerus sehingga menumpuk dan menimbulkan perasaan lain yang lebih berbahaya, yakni posesif.

Saat pacaran, kita seakan-akan mengorbankan kebebasan kita, sehingga kita seperti merasa bertanggung jawab terhadap perasaan pacar kita.

Menurut Dr. Leahy, jawaban yang paling tidak tepat untuk merespon pacar yang sedang cemburu adalah menyepelekannya.

Padahal ketika mengetahui hal tersebut, sebaiknya kita perlu mendengarkan alasannya. Dengan demikian, kita jadi bisa mendengarkan dan memahami perasaan masing-masing dengan baik.

Kalau kita merasa cemburu sama teman cewek si pacar atau mantannya, padahal kita yakin enggak ada sesuatu di antara mereka, maka kita perlu melakukan beberapa latihan buta mengontrol perasaan cemburu tersebut.