Sosok Dilan Asli Adalah Ivan Rivky Kabira Ketua XTC? Ini Tanggapan Pidi Baiq!

By Debora Gracia, Selasa, 3 April 2018 | 06:55 WIB
Siapakah sosok Dilan dan Milea yang asli? (Debora Gracia)

Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 yang diangkat menjadi film Dilan 1990 memang diakui penulisnya, Pidi Baiq, terinspirasi dari kisah nyata. Hal itu membuat banyak yang penasaran dengan sosok asli Dilan dan Milea.

Banyak beredar kabar tentang keberadaan Dilan dan Milea yang asli, tapi sampai sekarang Pidi Baiq belum memberitahukannya.

Nah, baru-baru ini, Ivan Rivky Kabira,  pendiri sekaligus Ketua Umum XTC, komunitas motor di Bandung diduga adalah sosok Dilan yang asli. Dugaan ini muncul karena Ivan yang baru bikin Instagram @IvanRivkyKabira pada Maret 2018 ini sering menceritakan dirinya di masa-masa SMA. 

Bukti lain yang membuat fans menduga kuat bahwa Ivan adalah inspirasi sosok Dilan adalah posting dari akun @XTC_Indonesia pada 12 Maret.

Foto yang diunggah adalah foto seorang cowok membonceng cewek, foto sama yang diunggah oleh Ivan.

Pada foto itu, sejumlah nama yang terlibat di film Dilan di-tag. Dari mulai Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Pidi Baiq, dan sutradara film Fajar Bustomi. Jadi, benarkah ia adalah sosok Dilan asli?

(Baca juga: Dilan vs Rangga, Sama-sama Romantis & Puitis. Mana yang Bikin Hati Meleleh?)

Dilansir dari HAI, Pidi Baiq memberikan tanggapan atas kabar yang beredar ini.

"Bukan, dia aja yang mengklaim. 100 persen bukan," kata Pidi Baiq sambil tertawa. "Aku tahu Ivan hanya tahu saja. Aku enggak tahu kisahnya seperti apa. Bahwa kisahnya sama seperti Dilan, orang lain juga ada yang merasa kisahnya sama." 

Lalu Pidi Baiq juga cerita bahwa dulu saat SMA, dia juga gabung ke XTC, saat XTC belum ada logonya.

"Saya juga XTC, tapi bukan berarti saya tahu kisah semua anggota XTC," katanya.