5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Sembarangan Disentuh Oleh Tangan. Berbahaya!

By Debora Gracia, Kamis, 5 April 2018 | 04:18 WIB
Hati-hati dengan dampak bahayanya. (Debora Gracia)

Sebagian dari kita mungkin sering menyentuh bagian tubuh dengan tangan kosong, tapi sebaiknya kebiasaan ini mulai dihentikan. Tangan bisa menjadi sumber kuman penyakit dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Ini 5 bagian tubuh yang jangan sembarang disentuh oleh tangan, karena dampaknya berbahaya. Apa saja? Yuk, disimak.

Kebiasaan menyentuh wajah dengan menggunakan tangan kosong justru akan membuat wajah tidak sehat. Tanpa kita sadari, tangan yang kotor menyebabkan wajah juga ikut kotor sehingga bisa timbul jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

Jika ingin mengusap wajah, sebaiknya gunakan tisu atau handuk.

(Baca juga: 12 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Kondisi Perut. Wajib Waspada!)

Mata gatal bisa jadi karena terus menggosoknya sepanjang hari. Jika mata kita gatal, pilih tetes mata daripada menggunakan jari untuk menggosoknya. 

Mata adalah bagian tubuh yang paling sensitif dan harus ditangani hati-hati. Sebagian besar infeksi mata terjadi karena terlalu sering menyentuh area mata dengan tangan.

Mulut adalah sumber kuman pada tubuh, tapi kuman dan bakteri dalam mulut bukan bakteri yang berbahaya dan bahkan bermanfaat bagi kesehatan mulut. Akan tetap ketika tangan mengusap mulut dan sedang dalam keadaan tidak terjaga kebersihannya, mulut bisa terkontaminasi bakteri buruk yang ada di tangan.

(Baca juga: 6 Penyakit ini Bisa Diprediksi dari Kondisi Tangan Kita)