Seperti Inilah Sistem Wajib Militer di Thailand dan Info Seleb Populer yang Ikut dan Enggak Ikut Wajib Militer!

By Indah Permata Sari, Rabu, 11 April 2018 | 03:05 WIB
foto : avax.news (Indah Permata Sari)

Beberapa waktu belakangan ini, dunia Kpop lagi banyak membicarakan mengenai wajib militer yang ada di Thailand, mengingat ada beberapa idol Kpop populer yang merupakan warga Thailand.

Sama nih kayak di Korea, di Thailand juga jangka waktu wajib militer itu sekitar dua tahun lebih.

Sebelum mengetahui info apakah seleb populer ada yang ikut atau enggak ikut wajib militer di Thailand, yuk kita cari tahu dulu system wajib militer yang ada di Thailand!

Dilansir dari laman , bagi warga Thailand yang sudah berusia 21 tahun, maka mereka wajib untuk diperiksa apakah mereka lolos untuk bisa melakukan wajib militer atau enggak.

Pemeriksaannya berupa tes kesehatan dan fisik, dan bagi mereka yang enggak lolos maka akan dibebastugaskan dari wajib militer. Yang enggak lolos ini berupa mereka yang lemah secara fisik dan juga yang mengalami sakit jiwa, serta mereka yang sudah merubah gender secara keseluruhan.

Uniknya, hanya di Thailand nih yang menggunakan sistem undian bagi para warganya yang mendaftar wajib militer. Jadi bagi mereka yang mengikuti sistem undian, mereka nanti akan mengambil bola di antara dua warna, yaitu merah dan hitam.

Bola yang merah berarti mereka wajib mengikuti wajib militer selama dua tahun, namun bola hitam berarti mereka bebas dari wajib militer dan boleh kembali melanjutkan karir dan profesi mereka. Sistem undian ini diadakan pada bulan April tiap tahunnya.

Thailand sangat menghargai bagi warganya yang mau jadi volunteer untuk wajib militer. Keuntungan bagi yang menjadi volunteer adalah mereka bisa memilih salah satu dari tiga cabang pasukan bersenjata (Angkatan Darat Kerajaan Thailand, Angkatan Laut Kerajaan Thailand, dan Angkatan Udara Kerajaan Thailand).

Selain itu, dilansir dari laman, mereka yang menjadi volunteer juga enggak menjalani wajib militer selama 2 tahun, melainkan kurang dari itu, bisa satu tahun hingga 6 bulan saja tergantung dengan grade point yang dia miliki.