8 Cara Menyembuhkan Jerawat yang Muncul Pada Vagina

By Indra Pramesti, Rabu, 11 April 2018 | 07:30 WIB
Ini dia cara menyembuhkan jerawat vagina! (Indra Pramesti)

Seperti umumnya kulit bagian tubuh kita lainnya, jerawat juga bisa muncul di area vagina, lho, girls. Sebagai cewek, kita perlu tahu gimana cara menyembuhkan jenis jerawat ini. Ini dia cara menyembuhkan jerawat yang muncul pada vagina.

(Baca juga: 6 Pertanyaan Seputar Payudara Besar Akhirnya Terjawab)

Cara terbaik buat menyembuhkan jerawat di area vagina adalah dengan mengenali penyebab munculnya jerawat itu. Dilansir dari TeenVogue, dr Jessica Shepherd, MD, ob/gyn di University of Illinois at Chicago, memaparkan bahwa penyebab jerawat di antaranya adalah karena mencukur rambut vagina, waxing, atau karena produksi keringat berlebih di daerah tersebut. Sementara untuk vagina yang sehat, umumnya memiliki kelembapan pH antara 3,5 dan 4,5.

Sama seperti jerawat lainnya, jangan sekali-kali memencet jerawat yang muncul di area sekitar vagina/vulva. Menurut dr. Shepherd, memencet bisa menimbulkan infeksi di area tersebut dan berakibat semakin fatal.

Jerawat umumnya disebabkan karena produksi keringat yang berlebih, sehingga kita perlu menjaga area vagina supaya tetap kering. Pastikan selalu mengganti  baju yang penuh keringat sehabis olahraga.

Kalau kita pengin mencukur rambut vagina, pastikan kita melakukannya dengan cara yang tepat. Dengan mencukur secara lembut dan mengikuti tata cara yang tepat,  kita jadi mencegah timbulnya jerawat tersebut.

Untuk mempermudah proses pencukuran, kita bisa menggunakan krim cukur dan menghindari busa sabun biasa dan air.