9 Tanda Kalau Kita Boleh Balikan Sama Mantan

By Indra Pramesti, Senin, 23 April 2018 | 07:50 WIB
Balikan sama pacar enggak tabu, kok. Asalkaaan... (Indra Pramesti)

Balikan sama mantan kerap dianggap tabu, karena terlihat seperti kembali mengulang kesalahan yang sama. Tapi, sebenarnya balikan sama mantan enggak masalah, kok, dan kita diperbolehkan untuk memilih hal itu. Asalkan, kita dan mantan sudah menunjukkan tanda-tanda berikut.

Ini dia 9 tanda kalau kita boleh balikan sama mantan.

(Baca juga: 4 Sifat Pacar yang Bikin Bete dan Cara Menghadapinya)

Alasan pertama kita diperbolehkan balikan sama mantan adalah ketika dia sudah berubah menjadi lebih baik. Sebaliknya, kalau dia enggak sepenuhnya berubah, maka kita enggak perlu pusing-pusing mikirin kemungkinan buat balikan sama dia.

Tapi, hal ini enggak cuma berlaku buat si mantan aja, lho. Sebaliknya, kita pun juga harus menunjukkan tanda-tanda kita telah berubah untuk hal yang baik. Sehingga ketika balikan nanti, kita dan dia jadi enggak saling menyakiti satu sama lain lagi.

Katanya ada tiga langkah dalam meminta maaf yang semuanya penting banget. Pertama adalah ketika kita bilang ‘Aku minta maaf’. Kedua, menyadari kesalahan yang kita lakukan, dan ketiga adalah bertanggung jawab dengan perbuatan kita dan berjanji enggak akan mengulanginya lagi.

Dari tiga langkah tersebut, langkah ketiga lah yang paling sering dilewatkan banyak orang. Kadang mereka cuma sadar dan bilang maaf, tapi malah melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Tapi kalau dia udah berjanji dan mampu meyakinkan kita enggak akan mengulang kesalahan itu lagi, kita boleh kok balikan sama dia lagi.

Siapapun yang kita pacari, keluarga dan teman-teman kita pasti punya komentar tersendiri. Dan mereka enggak hanya akan menyimpan opini mereka soal pacar kita, lho. Malah mereka akan ngomong kalau ada baik dan buruk soal dia.