Susah Fokus Saat Belajar? Coba 5 Tips Simpel Ini, Yuk!

By Andien Rahajeng, Senin, 23 April 2018 | 13:35 WIB
rajin belajar (Andien Rahajeng)

Saat ujian semakin dekat, enggak jarang kita malah makin susah untuk fokus belajar. Apalagi kalau harus belajar saat weekend. Penginnya belajar di café atau belajar bareng sama teman. Tapi bukannya jadi makin siap, kita malah makin terdistraksi.

Susah fokus saat belajar atau ngerjain tugas? Coba 5 trik simpel ini.

(Baca juga: 3 Tips Belajar dari Iqbaal Ramadhan yang Wajib Kita Coba!

Headphone Kedap Suara

Salah satu faktor yang bikin konsentrasi buyar adalah suara. Bisa itu suara adik yang lagi ketawa nonton kartun, suara Mama yang lagi teleponan sama temannya, atau kalau kita belajar di café, ya suara pengunjung lain yang lagi asik ngegossip. Biar bisa lebih fokus, coba pakai headphone kedap suara. Kita bisa belajar dengan tenang, fokus dan enggak terganggu.

Belajar Sendiri di Rumah

Meski tergoda pengin belajar bareng sama teman-teman karena lebih asik, coba deh untuk belajar sendiri aja di rumah. Belajar atau ngerjain tugas sendiri di rumah membuat kita lebih mudah mengontrol apa yang terjadi. Enggak akan ada deh teman yang tiba-tiba salah fokus dan malah curhat colongan tentang gebetannya.

Bikin To-Do-List Sebelum Mulai Aktifitas

Kalau belum terbiasa, ngikutin jadwal yang kita bikin di to-do-list memang enggak semudah yang dibayangkan. Tapi seenggaknya dengan menuliskannya, aktivitas kita jadi lebih terarah dan kita juga bisa lebih termotivasi.

(Baca juga: 5 Tips Sukses Belajar ala Hermione Granger)

Rapikan Meja Belajar

Hayo, siapa di sini yang suka belajar di tempat tidur? Tempat tidur bukan pilihan tempat belajar yang tepat, girls. Bantal yang empuik dan selimut yang hangat pasti enggak berhenti memanggil kita dan bikin vibes kita jadi enggak semangat, bahkan jadi ngantuk. Selain itu posisi duduk di tempat tidur yang empuk juga membuat badan kita cepat lelah.