Ini yang Bisa Kita Lakukan Kalau Pacar Belum Pernah Bilang “I Love You”.

By Andien Rahajeng, Kamis, 3 Mei 2018 | 05:40 WIB
(Andien Rahajeng)

Setelah jadian sama pacar selama beberapa bulan, kita jadi bertanya-tanya, “kok dia enggak pernah bilang ‘I love you’, ya?” Mau ngomong duluan, tapi gengsi. Padahal sebenarnya kita juga butuh words of affirmation itu. Kalau ini jadi suatu hal yang mengganggu kita, kita bisa melakukan empat hal ini.

(Baca juga: Kapan Seharusnya Kita Mengatakan "I Love You"? Ini Jawabannya!)

Pastikan Kita Benar-Benar Yakin dengan Perasaan Kita

Kalau kita memutuskan untuk ngomong “I love you” duluan, hal yang pertama harus kita lakukan adalah kita harus benar-benar yakin dengan perasaan kita. Yakinkan kalau kita udah siap menerima tanggapan dari dia kalau ternyata enggak sesuai ekspektasi kita. Once the words are out, kemungkinan besar dinamika hubungan kita akan berubah. Bisa jadi semakin dekat, tapi bisa juga malah jadi awkward.

Ingat Bahwa Enggak Target Waktu yang Harus Kita Penuhi

Menurut berbagai survei, pasangan rata-rata merasa nyaman untuk bilang “I love you” setelah tiga bulan bersama. Tapi bukan berarti kita harus menjadikan ini patokan, girls. Jangan buat diri kita stres dengan ambisi memenuhi target waktu. Enggak ada waktu yang pasti dan enggak ada aturan yang mewajibkan kita dan pacar harus mengungkapkan frasa itu kok. Biarkan perasaan kita dan pacar saling mengalir dengan natural aja, jangan jadikan ini sebuah tekanan.

(Baca juga: Cara Cowok Bilang "I Love You" Tanpa Mengatakannya, Berdasarkan Zodiak)

Komunikasi Terbuka

Komunikasi dan rasa saling percaya adalah kunci terpenting dalam sebuah hubungan. Kalau words of affirmation penting buat kita, dan sikap pacar yang belum menyatakannya itu mengganggu kita, jalan keluarnya adalah komunikasi secara terbuka. Enggak usah pakai kode atau sindir-sindiran, girls. Komunikasikan dengan pikiran terbuka dan hati yang lapang. Jangan pressure pacar kita, apa lagi kalau sampai kita malah jadi menuduh yang enggak benar.

Be Confident and Spontaneous!

Kalau kita udah merasa sangat nyaman dan sebenarnya kita 99% yakin kalau pacar merasakan hal yang sam, jangan ragu untuk bilang “I love you” duluan. Percaya diri dan spontan aja. Bisa jadi sebenarnya pacar udah pengin menyatakannya, tapi dia malu-malu. Dari pada kesempatan itu lewat, just say it when we feel like it!

(Baca juga: 8 Quotes Buat Caption Instagram yang Mewakili Ungkapan I Love You ke Gebetan atau Pacar)