6 Langkah Tepat Ngobrol Soal Pendidikan Seksual Sama Orang Tua

By Indra Pramesti, Senin, 7 Mei 2018 | 07:00 WIB
Orang tua bisa jadi sumber terpercaya soal pendidikan seksual, lho! (Indra Pramesti)

Pendidikan seksual bukan lagi hal yang tabu buat kita pelajari. Malah, di era saat ini, pendidikan seksual dirasa sangat penting karena banyaknya kasus tentang kejahatan seksual yang menimpa remaja seusia kita.

Sebenarnya, orang tua bisa menjadi sumber terpercaya buat ngobrolin soal pendidikan seksual. Tapi gimana cara ngobrolin hal ini dengan mereka? Yuk, kenali 6 langkah tepat ngobrol soal pendidikan seksual sama orang tua.

(Baca juga: 3 Batasan yang Perlu Kita Bikin Sama Orang Tua Soal Pacaran)

Penting banget, nih, untuk tahu tipe orang tua kita. Kalau mereka terbuka dan biasa ngobrolin banyak hal dengan kita, berarti gampang untuk ngobrolin soal pendidikan seksual.

Kalau orang tua tertutup, kita juga harus cari tahu cara apa untuk bisa ngobrol sama mereka. Lihat juga, orang tua mana yang lebih terbuka, papa atau mama.

Pancing orang tua kita buat ngomongin soal iklan yang berhubungan dengan pendidikan seksual di televisi atau selebaran, seperti iklan soal HIV/AIDS atau iklan kondom. Kita bisa tanya, “Maksudnya apa, ya, Ma, Pa?”

Tunggu reaksi orang tua. Kalau mereka langsung jawab, berarti oke, tapi kalau mereka diam aja atau malah kabur, coba tanya lagi nanti. Minimal orang tua enggak kaget lagi kalau kita nanya hal sejenis di lain waktu.

Pilih saat yang cocok dan santai kalau pengin ngobrolin soal menstruasi pertama atau mungkin pertanyaan kita soal cowok dan dating. Misal, saat santai dengan mama di kamar atau saat orang tua lagi bersantai di ruang keluarga. Bilang juga kalau kita perlu tahu soal hal itu.

(Baca juga: Tahap Perkembangan Payudara Yang Perlu Kita Tahu!)