Yuk Mengenal Universitas Columbia, Salah Satu Kampus Terbaik di Amerika dan Tempat Tasya Kamila Kuliah

By Indra Pramesti, Selasa, 15 Mei 2018 | 04:45 WIB
Yuk mengenal Universitas Columbia! (Indra Pramesti)

Kayaknya enggak perlu dipungkiri lagi kalau Amerika Serikat memiliki banyak universitas unggulan dunia. Ini terbukti dengan terbentuknya Ivy League di sana. Ivy League adalah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas di Amerika Serikat. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight (Delapan Sekolah Lama), yaitu Harvard University, Brown University, Cornell University, Dartmouth University, Princeton University, University of Pennsylvania, Yale University, dan Columbia University.

Khusus buat Columbia University alias Universitas Columbia, salah satu anak bangsa yang juga artis, Tasya Kamila, baru saja merampungkan studi master-nya di universitas ini. Yuk, mengenal lebih dalam tentang Universitas Columbia!

(Baca juga: 5 Gaya Kece Iqbaal, Pemeran Dilan Saat Sekolah di Amerika. Mana yang Paling Oke?)

Universitas Columbia adalah salah satu dari universitas yang paling terkenal di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1754 sebagai King’s College, dan menerima piagam dari King of England George II. Sehingga enggak heran kalau Universitas Columbia disebut sebagai institusi tertua di New York dan kelima tertua di Amerika Serikat.

Selama Revolusi Amerika, Universitas Columbia menghentikan perkuliahannya selama delapan tahun. Sejak tahun 1787 universitas ini lebih dikenal sebagai kampus privat yang diatur oleh Board of Trustees.

Salah satu penghargaan paling prestis dalam jurnalisme, Pulitzer Prize, dikeluarkan oleh Faculty of Journalism di Universitas Columbia.

Universitas Columbia terletak di New York City tepatnya di Manhattan dan terbentang hingga 6 blok, alias sekitar 13 hektar. Lingkungan kampus ini dipenuhi oleh mahasiswa, fakultas, alumni dan letaknya hanya sekitar 20 menit dari Midtown dengan menggunakan kereta bawah tanah.

Universitas Columbia memiliki motto “In lumine tuo videbimus lumen” yang diartikan dalam bahasa Inggris; “In your light we will see the light”. Sementara sebagai simbol atau maskotnya, Universitas Columbia menggunakan singa.

Menariknya, simbol singa pada Metro-Goldwyn-Mayer Studio ternyata terinspirasi dari maskot singa Universitas Columbia, lho.