6 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Saat Puasa Biar Perut Enggak Kembung

By Indra Pramesti, Kamis, 24 Mei 2018 | 21:20 WIB
Biar perut enggak kembung, nih, girls! (Indra Pramesti)

Enggak enak banget, deh, kalau lagi puasa lalu terkena perut kembung. Puasa kita jadi enggak maksimal karena rasa enggak nyaman Hal ini bisa terjadi pada orang yang sehat sekali pun. Tapi wajar, kok, karena ketika puasa perut kita kosong dan lebih banyak ‘dihuni’ oleh udara. Perut kembung juga bisa terjadi karena pola makan kita yang tidak sehat, yang banyak mengonsumsi makanan tinggi garam.

Supaya puasa kita enggak terganggu oleh kembung, kita bisa coba berbagai macam makanan dan minuman di bawah ini ketika sahur dan berbuka puasa. Dijamin puasa kita kali ini bebas dari kembung.

(Baca juga: Buka Puasa dengan Makanan Manis Enggak Sehat, Benar Enggak Sih?)

Enggak diragukan lagi, pisang memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh kita. Selain memberikan energi untuk puasa seharian, pisang juga berguna untuk mengurangi rasa kembung selama puasa. Hal ini bisa terjadi karena pisang memiliki kandungan potassium dan kalium yang cukup tinggi.

Potassium ini berguna untuk menyeimbangkan kandungan asam dan basa tubuh kita. Sedangkan kalium biar menurunkan kadar garam berlebih di tubuh.

Ketika sahur, kita bisa coba untuk meminum teh mint atau teh jahe yang berguna untuk membuat pencernaan kita jadi lebih rileks dan stabil. Sehingga perut kita pun terasa lebih nyaman. Selain itu hangatnya teh jahe bisa mengeluarkan gas yang berlebih di perut kita.

Kacang yang banyak tersedia di restoran Jepang ini ternyata memilikikhasiat untuk mencegah kembung. Kandungan seratnya yang cukup (tidak terlalu tinggi) membantu kita mencerna makanan saat sahur dengan baik. Usus dapat mencerna dengan mudah, tapi juga tidak terlalu cepat dalam prosesnya. Dengan begini perut pun jadi tidak cepat kembung.

Makanan yang kaya akan probiotik ini berguna banget untuk mencegah kembung ketika puasa. Yogurt bisa kita makan ketika sahur maupun buka puasa. Enggak perlu khawatir perut kosong kita kaget dengan asamnya yogurt, karena meskipun terasa asam di mulut, perut kita bis atahan, kok.