Seperti Ini Kehidupan dan Harta yang Dimiliki 5 Chaebol Kaya di Korea Selatan

By Indah Permata Sari, Rabu, 23 Mei 2018 | 11:10 WIB
foto : hyundaiengineering (Indah Permata Sari)

Kita mungkin sering mendenga istilah chaebol di drama Korea ya girls. Dilansir dari laman , arti dari chaebol adalah keluarga konglomerat di Korea Selatan, yang mana mereka punya grup atau perusahaan yang sangat besar baik di Korea, maupun di dunia.

Nah, kamu mungkin penasaran ya seperti apa kehidupan dari para chaebol ini. Dilansir dari laman , seperti ini lah kehidupan dan aset yang dimiliki 5 chaebol di Korea Selatan. Bikin enggak nyangka!

Lee Jae Yong, wakil ketua Samung Electronics, dan anggota keluarga Samsung lainnya punya total asset sebesar 22,6 triliun won.

Aset Lee Kun Hee, ketua Samsung Group ada 15,64 triliun won yang merupakan asset paling besar porsinya di grup ini. Kekayaannya termasuk real estate di Hannam-dong, salah satu distrik terkaya di Seoul.

Selain itu Lee Kun Hee juga punya banyak lahan di luar kota, salah satunya Yongin City di Provinsi Gyeonggi, di mana taman hiburan di sana buatan Samsung, Everland dan Museum Seni Ho Am. Di sana saja harta miliknya ada di atas tanah seluas 8.712 meter persegi.

Totalnya, Lee Kun Hee punya real estate seharga 938,9 milyar won!

Para perempuan di keluarga Samsung juga punya banyak asetnya. Istri dari Lee Kun Hee, Hong Ra Hee, adalah pemimpin di Leeum Samsung Art Museum, dan dua putrinya, Boo Jin dan Seo Hyun memimpin di Hotel Shilla dan juga bisnis fashion di Samsung C&T. Masing-masing dari mereka punya 1.7 hingga 1.8 triliun won. Saudara perempuan Lee Kun Hee, Myung Hee, adalah pimpinan di Shinsegae Group, dan punya harta 1.3 triliun won.

Keluarga di Samsung lainnya juga punya banyak bidang bisnis, ada yang media, retail, investasi kota, dan juga seni.

Hong Seok Hyun adalah pimpinan di Joongang Media Network, berada di atas perusahaan Joongang Daily Newspaper dan stasiun JTBC.

Keluarga Grup Hyundai memiliki kekayaan yang lebih kecil daripada keluarga Samsung, tetapi 12 dari mereka termasuk dalam daftar 100 orang terkaya, dan jadi jumlah terbesar di antara lima konglomerat teratas.