Menelusuri 10 Tahun Perjalanan Karier SHINee dari 2008 – 2018 #SHINee10thAnniversary

By Ifnur Hikmah, Jumat, 25 Mei 2018 | 05:30 WIB
#Happy10thanniversarySHINee (Ifnur Hikmah)

Tepat tanggal 25 Mei, sepuluh tahun lalu, SHINee menyapa penggemar musik dengan single Replay dan image mereka yang fresh. Sejak saat itu, SHINee jadi trend setter, baik dari segi musik atau pun fashion.

Sepuluh tahun berlalu, SHINee terus ada dan berkarya, baik di musik ataupun di bidang lain. Baik saat bersama, ataupun bersolo karier.

Tentunya, sepuluh tahun bukan perjalanan yang mudah. Selama kurun waktu ini, SHINee menorehkan banyak prestasi dan melahirkan musik yang bisa dinikmati sampai kapanpun.

Bukan hal mudah untuk bertahan selama sepuluh tahun. Banyak masalah mereka hadapi, tapi itu hanya membuat mereka semakin kuat. Salah satunya ketika SHINee ditinggal oleh Jonghyun Desember 2017 lalu, yang pasti sangat mengguncang mereka.

Namun, SHINee terus bertahan. Merayakan ulang tahun ke-10, SHINee merilis album yang dipecah ke dalam tiga mini album dan nanti akan dirilis dalam bentuk full album. Ini adalah momen paling berarti, karena untuk pertama kalinya, SHINee tampil berempat.

Merayakan sepuluh tahun kebersamaan dengan Onew, Key, Minho, Taemin, dan the late Jonghyun, yuk intip transformasi 10 tahun perjalanan karier SHINee dari 2008 – 2018 #SHINee10thAnniversary.

(Baca juga: 3 bukti yang ditemukan fans soal keterlibatan Jonghyun di comeback SHINee)

2008

SHINee debut di tanggal 25 Mei 2008 dengan single Replay. Single ini debut di posisi sepuluh tangga lagu Korea dan terjual sebanyak 17 ribu copy.

Debutnya SHINee langsung membuat mereka jadi populer. SHINee memenangkan Rookie of the Month di Cyworld Digital Music Awards dan Hot New Stars di Mnet 20’s Choice Award 2008.

Di tahun ini juga, SHINee merilis album pertama, The SHINee World, yang terjual hingga 30.000 copy. Album ini mengusung single Love Like Oxygen dan SHINee meraih 1st win lewat lagu ini di M Countdown.