5 Langkah Menghentikan Kulit Iritasi Setelah Shaving

By Indra Pramesti, Jumat, 25 Mei 2018 | 07:00 WIB
Biar enggak iritasi lagi, girls! (Indra Pramesti)

Bagi cewek, shaving pasti sudah menjadi kebiasaan yang sering kita lakukan buat menghilangkan rambut-rambut di tubuh yang kerap mengganggu, misalnya rambut yang tumbuh pada area ketiak atau vagina.

Sayangnya, shaving sering memberi efek yang enggak mengenakkan, seperti iritasi atau gatal-gatal. Nah, supaya bisa mengatasi iritasi yang kerap mengganggu ini, yuk kenali 5 langkah menghentkan kulit iritasi setelah shaving

(Baca juga: Digital Fasting Alias Puasa Dari Gadget Yang Wajib Kita Coba!)

Sebagai pencegahan yang ampuh, sebelum shaving kita harus memastikan bahwa teknik dan alat yang kita gunakan untuk mencukur sudah tepat. Pastikan alat cukur yang kita gunakan dalam kondisi baru sehingga mata pisaunya masih tajam, serta sediakan shaving cream.

Jangan sekali-kali mencukur dalam kondisi kering. Lakukan setelah usai mandi di saat kulit tubuh kita masih lembab untuk mencegah iritasi atau goresan mata pisau cukur.

Langkah sebelum shaving yang patut kita coba adalah proses exfoliating untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang bisa menghambat gerak pisau cukur. Jika kita memiliki kulit yang sensitif, kita bisa menggunakan body scrub terlebih dahulu yang sesuai dengan jenis kulit kita. Kita juga bisa melakukan exfoliating sehari sebelum proses cukur.

Jika kita mandi dengan air hangat, pastikan kita menunggu beberapa saat sebelum mencukur. Tujuannya supaya pori-pori kulit terbuka dan kulit menjadi lebih lembut. Cara ini bikin hasil cukur lebih halus.

Kita juga bisa melembutkan kulit terlebih dahulu dengan mandi air hangat, kemudian setelah mencukur, kita bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.