Wajib Tahu Perbedaan Hubungan Sehat Dan Hubungan yang Enggak Sehat

By Indra Pramesti, Senin, 28 Mei 2018 | 08:45 WIB
Wajib tahu! (Indra Pramesti)

Ada dua jenis hubungan dalam pacaran. Yang pertama adalah hubungan yang sehat dan kedua adalah hubungan yang enggak sehat. Keduanya memiliki perbedaan masing-masing, sayangnya kadang kita yang menjalani pacaran justru enggak memahami perbedaannya.

Nah, biar enggak salah, yuk kenali perbedaan hubungan sehat dan hubungan yange nggak sehat.

(Baca juga: Menurut Ahli, Ini Alasan Kita Bisa Naksir Sama Gebetan, Tapi Bukan Orang Lain)

Seenggaknya ada enam faktor yang menunjukkan hubungan pacaran yang sehat, seperti; komunikasi, saling berkompromi, komitmen, kecocokan, cara memperlakukan satu sama lain, dan saling menghargai. Ketika berada di hubungan yang sehat kita pasti akan merasakan hal-hal berikut;

Hubungan pacaran ini disebut enggak sehat karena siapapun yang terlibat di dalamnya akan menghadapi konflik batin, mental, bahkan hingga fisik. Hubungan pacaran yang enggak sehat acap kali terjadi bahkan banyak kasus yang muncul saat masih remaja, lho.

Tanda-tanda hubungan yang enggak sehat biasanya  terjadi karena ada salah satu pihak yang memberi perlakuan abusif. Contohnya;

Parahnya, banyak dari kita enggak tahu telah terjebak di fase hubungan yang enggak sehat ini. Umumnya disebabkan karena kita sendiri menolak untuk sadar bahwa perlakuan pacar adalah tindakan yang abusif.

Nah, sebisa mungkin jujurlah kepada diri sendiri, girls. Saat kita merasa enggak nyaman sama pacar dengan perilakunya yang bikin kita tertekan, segeralah menyadarinya dan pergi sejauh mungkin.

(Baca juga: 3 Waktu yang Diperbolehkan untuk Menceritakan Rahasia Sahabat )