Tanpa Kita Sadari, Ini 7 Benda yang Dapat Menyebabkan Munculnya Jerawat

By Jana Miani, Rabu, 30 Mei 2018 | 04:15 WIB
sowon (Jana Miani)

Sudah rajin membersihkan wajah dan rutin memakai skincare anti jerawat tapi jerawat masih sering muncul? Bisa jadi penyebabnya karena benda di sekitar kita yang enggak bersih, girls.

Berikut ini 7 benda yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

(Baca juga: 8 Sunscreen Lokal di Bawah 100 Ribu Buat Cewek yang Suka Naik Motor)

Kita sering enggak sadar kalau handphone juga terdapat banyak kuman yang bisa bikin kita jerawatan. Kalau tiba-tiba ada jerawat di sekitar pipi kita, bisa jadi handphone yang jadi penyebabnya. Rutin bersihkan tissue pembersih yang mengandung anti bakteri ya girls.

Pasti kita sering deh menyentuh wajah kita atau sekedar menadahkan wajah di tangan. Padahal tangan kita salah satu bagian yang terdapat banyak kuman yang bisa jadi penyebab jerawat. Usahakan untuk enggak menyentuh wajah dan sering-sering cuci tangan pakai sabun.

(Baca juga: 6 Face Mist Lokal Berbahan Natural yang Enggak Bikin Jerawatan)

Saat kita tidur bagian wajah pasti selalu menempel pada bantal. Bantal yang tidak diganti lebih dari satu minggu terdapat banyak sekali kuman dan bakteri yang dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga muncul jerawat di wajah kita.

Produk perawatan rambut seperti hairspray biasanya akan menempel pada wajah. Sisa hairspray yang menempel ini ternyata dapat membuat wajah kita berjerawat. Sebaiknya kita bersihkan wajah dengan tissue pembersih setelah mengaplikasikan hairspray.