Viral Kasus Remaja Pencuri Koper. Seperti Apa Sih Seharusnya Kita Melapor Kalau Koper Hilang Di Bandara?

By Indra Pramesti, Rabu, 30 Mei 2018 | 11:15 WIB
(Indra Pramesti)

Minggu (27/5/2018), dilansir dari Kompas.com, polisi telah menangkap DV (15), remaja yang diduga telah mencuri 10 buah koper di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

“DV biasanya beraksi seorang diri dengan menggunakan mobil pribadi milik orang tuanya. Biasanya dia membawa satu koper miliknya sendiriagar petugas percaya dia merupakan salah satu penumpang,” terang AKBP Viktor Togi Tambunan, dari Kapolres Bandara Soekarno-Hatta.

Viktor juga memberi memberi keterangan bahwa DV melakukan aksinya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Ia masuk melalui exit gate (pintu keluar) untuk menuju conveyor belt bagasi penumpang sambil mengatakan kepada petugas jika ada kopernya yang tertinggal dan hendak mengambilnya di conveyor.

Sesampainya di conveyor belt, DV akan mengambil koper mana pun yang melintas di depannya. Kemudian mengambil troli dan meletakkan koper-koper tersebut di atas troli. Setelahnya DV memasukkan koper-koper tersebut ke dalam monilnya dan segara meninggalkan bandara.

Menurut keterangan DV, dia sendiri tidak memiliki maksud khusus dalam melakukan tindakan tersebut. Ia hanya menyimpan koper-koper tersebut di dalam kamarnya seperti barang koleksi.

Kasus DV ini terbilang cukup jarang ditemui. Ditambah lagi dengan motifnya yang pengin menjadikan koper-koper curiannya sebagai barang koleksi. Tapi bagaimanapun juga, pencurian barang bukan suatu tindakan yang bisa diterima.

Nah, jika hal ini terjadi pada kita, supaya bisa dengan cepat memproses laporan, yuk kenali prosedur pelaporan koper yang hilang atau tertukar di bandara!

Ketika tahu koper kita hilang atau tertukar, segera datangi kantor klaim bagasi maskapai yang kita tumpangi di bandara. Laporan yang dilakukan dengan cepat akan memberi waktu yang singkat juga dalam penyelesainnya.

Pastikan kita juga mendapat salinan lapran kehilangan bagasi supaya kita punya bukti jika dibutuhkan.