6 Daftar Raja dan Ratu di Dunia yang Diangkat Sejak Masih Muda. Ada yang Waktu Usia 16 Tahun!

By Debora Gracia, Kamis, 31 Mei 2018 | 06:01 WIB
Sejarah dunia dari berbagai kerajaan. (Debora Gracia)

Di beberapa negara di belahan dunia masih menganut sistem monarki yang dipimpin oleh Raja atau Ratu sebagai kepala negara. Tetapi tahu enggak kalau pemimpin negara mereka naik takhta di usia muda?

Salah satunya adalah Ratu Elizabeth II yang memerintah Britania Raya saat ini. Berikut adalah daftar raja dan ratu yang memimpin negara di usia muda.

Ratu Elizabeth II

Pasti semua orang telah mengenal dengan Ratu Elizabeth II. Ratu yang memiliki nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary ini lahir 21 April 1926. Ia menjadi Ratu Britania Raya pada tanggal 6 Februari 1952 di usianya yang ke 26 tahun saat itu. Saat ini ia memecahkan rekor memerintah Britania Raya terlama yaitu selama 66 tahun dan masih berlangsung hingga sekarang.

Ratu Wilhelmina

Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange-Nassau adalah Ratu yang memerintah Belanda di usia muda. Ia lahir pada 31 Agustus 1880 sebenarnya telah diangkat setelah wafat sang ayah yaitu Raja Wiliem III pada tahun 1890. Tetapi karena usianya yang masih belia sehingga ibunya yaitu Ratu Emma yang menggantikannya sementara sampai usianya mencapai 18 tahun. Ratu Wilhelmina memerintah Belanda lebih dari 50 tahun lalu menurunkan takhtanya kepada anaknya yakni Juliana pada tahun 1948. Ia wafat pada 26 November 1962.

Raja Carl XVI Gustaf

Pemimpin selanjutnya adalah dari Swedia yaitu Carl XVI Gustaf yang lahir di Solna, 30 April 1946. Raja Swedia ini diangkat pada usia ke 27 pada 15 September 1973 setelah kakeknya yaitu Gustaf VI Aldof meninggal dunia. Raja Carl masih memerintah hingga saat ini bahkan pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Raja Alfonso XIII

Pemimpin Spanyol yang yang bernama lengkap Alfonso León Fernando Maria Jaime Isidro Pascual Antonio de Borbon y Austria-Lorena lahir di Madrid, Spanyol tahun 1886. Ia telah diangkat menjadi raja saat lahir tapi diambil alih sementara oleh ibunya menjadi yaitu Ratu Maria Cristina. Setelah menginjak usia ke 16 ia memerintah Spanyol hingga tahun 1931.

(Baca juga: 7 Akun Instagram Pribadi Anggota Kerajaan yang Wajib Kita Follow)

Raja Bhumibol Adulyades Thailand