Pencernaan Bermasalah Saat Menstruasi? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

By Andien Rahajeng, Selasa, 5 Juni 2018 | 05:22 WIB
Jangan salah membedakannya dengan kram pada umumnya ya, girls! (Andien Rahajeng)

Secara keseluruhan, menstruasi memang bukan lah hal yang menyenangkan untuk dilalui. Bukan hanya proses menstruasi itu sendiri yang menyakitkan bagi sebagian perempuan, masalah bawaan lainnya juga bisa terjadi. Salah satunya adalah masalah pencernaan. Kalau kita pernah merasa perut lebih kembung saat menstruasi, itu bukan hanya “perasaan” aja, girls. Begini penjelasannya secara ilmiah.

(Baca juga: Wajah Kusam Saat Menstruasi? Atasi dengan 6 Cara Ini!)

Hubungan hormone dan sistem pencernaan

Perhatikan siklus menstruasi kita, ini dimulai di hari pertama menstruasi sampai hari terakhir sebelum menstruasi selanjutnya. Hal ini terjadi karena beberapa hormon yang diproduksi di berbagai anggota tubuh kita, yakni hipotalamus dan pituitary di otak, dan hotmon progesterone, estrogen, dan testosteron di rahim. Hormon ini lah yang mempengaruhi jadwal ovulasi dan menstruasi kita.

Dalam beberapa kasus, beberapa orang bisa mengalami masalah dengan BAB. Dilansir dari Stylecaster.com, Dr.G Thomaz Ruiz, seorang OB-GYN dari California mengatakan bahwa hormone progesterone sering dikaitkan dengan konstipasi karena memperlambat proses pencernaan di usus.

“Period Poops”

Selain kram perut yang kita rasakan saat menstruasi, ada masalah lain yang akan kita hadapi, yaitu “period poops”. Saat ini terjadi rasanya enggak nyaman banget karena rasa sakit yang kita rasakan membuat bingung. Beberapa orang mengalami konstipasi, tapi yang lainnya juga bisa saja mengalami diare.

(Baca juga:Wajib Tahu Penyebab Vagina Gatal Setelah Menstruasi!)

Dr. Sheryl A. Ross, seorang OB-GYN, mengatakan bahwa penderitaan ini biasa terjadi di 3 hari pertama menstruasi. Akar masalahnya adalah prostaglandins, yaitu zat yang diproduksi tubuh kita saat uterus mengeluarkan darah. Selain menyebabkan kram, zat ini juga bisa mempengaruhi kontraksi di usus.

Bagaimana Mengatasinya?

Karena penderitaan ini terjadi akibat fluktuasi alami hormone di tubuh kita, apakah bisa diatasi? Menurut Dr.Ross, kita dapat mengurangi risiko ini terjadi dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayuran. Rajin berolahraga, menghindari kafein, gula, garam, dairy, dan makanan penas juga dapat meredam gejala gangguan pencernaan.

(Baca juga: Selain Istri & Anak Adam Levine, Ini Perempuan Keren yang Tampil dalam MV Maroon 5, Girls Like You!)

So, girls, kalau BAB atau pencernaan kita bermasalah saat menstruasi, enggak perlu terlalu khawatir ya. Ini adalah hal normal yang terjadi karena proses natural di dalam tubuh kita.