4 Alasan Kita Boleh Boros Saat Traveling. Kamu Setuju?

By Andien Rahajeng, Selasa, 5 Juni 2018 | 11:30 WIB
foto: pinterest.com (Andien Rahajeng)

Saat liburan pasti ada beberapa situasi yang membuat kita penginnya berhemat aja, seperti memilih penginapan yang murah, enggak makan di restoran mahal, dan memilih budget flights dengan banyak transir. Padahal enggak seharusnya kita selalu berhemat saat traveling lho. Ini 4 alasan kita boleh boros saat traveling.

(Baca juga: 7 Camilan Sehat Yang Wajib Kita Santap Selama Mudik Lebaran. Mana Favorit Kamu?)

Pengalaman yang Hanya Ada di Tempat Itu

Siapa yang penasaran dengan Desert Safari di Dubai atau pengin naik balon udara di Cappadocia? Untuk bisa merasakan pengalaman ini, pasti dibutuhkan biaya besar.  Tapi coba kita pikirkan, kita udah sampai di tempat tersebut. Kalau budget kita masih mencukupi meskipun sedikit, jangan ragu lagi, girls! Bisa dibilang ini adalah pengalaman sekali seumur hidup dan kita bakalan menyesal kalau enggak merasakannya. Meski pricey, pengalaman yang kita dapat bakalan priceless!

Biaya Ekstra yang Mendukung Penduduk dan Lingkungan Sekitar

Salah satu manfaat dari traveling adalah sebagai pengingat bagi diri sendiri untuk selalu berbuat baik pada orang lain dan lingkungan sekitar. Selain itu kita juga belajar untuk menahan keinginan yang punya kemungkinan merugikan orang lain dan bahkan mahluk lain seperti hewan dan tumbuhan.

Misalkan kita memang sudah pengin banget coba mengendarai gajah. Tapi kalau kita sudah tahu bahwa pilihan itu menyakiti gajah, lebih baik enggak perlu dilakukan, ya girls. Cukup menghabiskan waktu dengan memberi makan mereka saja, misalnya.

Selain itu, bila kita pergi ke suatu tempat yang menjadikan kerajinan tangan sebagai mata pencaharian, seperti kain tenun dari Maumere, sebisa mungkin kita dukung perekonomian penduduk di situ dengan membeli hasil karyanya, ya.

(Baca juga: Mudik Anti Ribet dengan 6 Travel Hacks yang Wajib Kita Punya!)

Biaya Lebih untuk Pengalaman yang Menambah Wawasan

Selain untuk berlibur, tujuan berlibur ke tempat baru adalah untuk menambah wawasan. Dunia adalah sebuah ruang kelas yang besar. Splurging atau mengeluarkan biaya besar untuk tour guide yang wawasannya luas boleh banget lho kita lakukan. Bahkan sebenarnya perlu.

Kita bisa melihat sekitar kita dengan sudut pandang berbeda dan lebih memahami maksud terpendam dari suatu bangunan atau karya seni.