12 Alasan Kenapa Puting Payudara Sering Nyeri

By Indra Pramesti, Rabu, 6 Juni 2018 | 08:30 WIB
Kamu pernah mengalaminya? (Indra Pramesti)

Sebagai seorang cewek, kita harus peduli sama organ vital yang kita miliki seperti payudara. Banyak dari kita yang enggak tahu kenapa puting payudara sering nyeri. Yuk, kenali 12 alasan kenapa puting payudara kita sering nyeri.

(Baca juga: 10 Pertanyaan Tentang Menstruasi yang Bikin Penasaran Akhirnya Terjawab!)

Puting payudara umumnya merupakan gejala yang sering kita alami menjelang masa menstruasi. Penyebabnya adalah karena naik-turunnya hormon yang terjadi pada tubuh kita sehingga membuat payudara terasa nyeri.

Baju yang terlalu ketat bisa menyebabkan masalah pada aliran darah di sekitar payudara, sehingga sering menyebabkan puting nyeri. Kalau kita mengalami hal ini, mungkin kita bisa melonggarkan bra yang sedang kita pakai.

Buat kita yang sering berolahraga, puting payudara yang sering juga bisa disebabkan oleh pemakaian sport bra yang salah. Jadi periksa kembali sport bra yang kita gunakan supaya enggak menganggu olahraga ya, girls.

Mastitis adalah sejenis infeksi yang terjadi di sekitar area payudara. Meskipun umumnya terjadi pada perempuan yang hamil dan menyusui, ternyata mastitis juga bisa terjadi pada siapa saja. Menurut Mayo Clinic, gejala mastitis di antaranya seperti kemerahan, payudara membengkak, demam tinggi, dan payudara terasa hangat ketika disentuh.

Puting payudara yang nyeri juga bisa bisa menjadi tanda kalau kita sedang mengalami masalah kulit. Meskipun jarang, tapi masalah kulit seperti eczema, dermatitis, atau masalah kulit lainnya juga bisa terjadi pada area payudara. Segera hubungi dokter jika muncul gejala kulit yang kasar dan jika kita memiliki riwayat masalah kulit.