Kenali 3 Cara Untuk Menghilangkan Self-Talk Negatif!

By Indra Pramesti, Jumat, 8 Juni 2018 | 19:45 WIB
Naver Dispatch ()

Pikiran adalah hal yang akan membentuk jati diri kita, lho, girls. Artinya, ketika kita memiliki pikiran yang negatif, maka perkataan bahkan cara kita berperilaku akan negatif juga. Sebaliknya, kalau kita punya pikiran yang positif, perkataan dan perilaku kita juga akan negatif.

Nah, sekarang kembali ke diri kita sendiri, nih, girls. Yuk kenali 3 cara untuk menghilangkan self-talk negatif.

(Baca juga: Hapus 6 Pikiran Negatif Tentang Tubuh yang Sering Membatasi Diri Sendiri Buat Berekspresi)

Apa yang kita pikirkan belum tentu diri kita yang sesungguhnya

Naver Dispatch

Apapun yang ada di pikiran kita hanya sekadar pemikiran yang bisa datang dan bisa pergi. Ketika self-talk negatif tiba-tiba muncul dalam kepala kita, maka hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan menyadarinya dan membiarkannya berlalu.

Untuk bisa mengenali hal tersebut dengan tepat, kita bisa berlatih meditasi dan menuliskannya pikiran negatif tersebut di jurnal atau diary. Jadi jika sewaktu-waktu pikiran itu datang, kita bisa jadi lebih sadar dan tahu cara mengatasinya.

Ciptakan growth mindset

Naver Dispatch

Menurut Dr. Carol Dweck, growth mindset mengajarkan kta bagaiman seseorang percaya bahwa kemampuan dasar mereka bisa dikembangkan lewat usaha-usaha dan kerja keras. Otak dan talenta yang kita miliki pada dasarnya adalah sebuah starting point.

Dengan menumbuhkan mental untuk terus tumbuh dan belajar, kita jadi sadar bahwa kita enggak perlu harus menjadi yang paling jago dalam semua hal. Cukup dengan menyadari kemampuan dan kelebihan kita, nantinya kita bakal bisa memfokuskan pada satu kelebihan utama.

Merawat diri sendiri