Pengin Tambah Cerdas? Lakukan 10 Hal Kecil Ini Setiap Hari

By Indra Pramesti, Senin, 11 Juni 2018 | 16:00 WIB
pristin ()

Menjadi cerdas enggak hanya bisa ditempuh dengan kegiatan akademis seperti di sekolah atau tempat les. Menjadi cerdas artinya mengajak kita untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil secara teratur. Nah, kamu pengin tambah cerdas? Lakukan 10 hal kecil ini setiap hari!

(Baca juga: 7 Tanda Harus Stop PDKT Duluan Sama Cowok)

Selalu tanyakan ‘mengapa’

Tambah cerdas dan melatih cara berpikir kritis ternyata enggak susah, kok. Kita bisa melakukannya dengan melakukan kebiasaan bertanya ‘mengapa’. Bukan cuma sekadar ‘apa’, pertanyaan ‘mengapa’ memberi jawaban yang lebih elaboratif dan secara bersamaan mempertajam cara kita berpikir.

Baca, baca, baca

Membaca bukan cuma kebiasaan yang bisa kita lakukan di sekolah atau ketika kita butuh hiburan, seperti baca novel. Membaca ternyata membantu kita menyerap perspektif yang baru dan menciptakan versi kita sendiri. Seperti kata penulis, Dr. Seuss, semakin banyak yang kita baca, semakin banyak yang kita tahu. Semakin banyak yang kita pelajari, semakin banyak tempat yang kita kunjungi. Setuju?

Ketika mau belajar tentang suatu hal, bertanyalah pada orang lain

Peribahasa ‘malu bertanya sesat di jalan’ memang benar banget. Ketika kita belajar seseuatu, pasti kita memang enggak tahu tentang topik itu, dong. Nah, gimana supaya kita bisa tahu? Yang pasti dengan bertanya ke orang lain yang lebih ahli. Perhatikan 3 hal berikut saat bertanya;

- Cari tahu kenapa mereka bisa sukses

- Tanyakan hal-hal apa saja yang malah membuang-buang waktu dan seharusnya enggak kita lakukan

- Tanyakan tentang pertanyaan-pertanyaan yang spesifik seiring dengan usaha kita untuk belajar sendiri.