5 Novel Laris Ini Ternyata Hampir Gagal Terbit! Bikin Enggak Nyangka!

By Indah Permata Sari, Minggu, 17 Juni 2018 | 14:25 WIB
foto : goodreads.com ()

Girls, kamu pernah membayangkan enggak apa yang terjadi jika novel favorit kita enggak jadi terbit? Tentunya, kita pasti akan sangat menyayangkan ya.

Namun nyatanya, memang sungguhan ada lho beberapa novel populer yang ternyata dulunya sempat terancam gagal terbit!

Dilansir dari unggahan Instagram akun @indoreadgram, ini dia 5 novel laris yang ternyata hampir gagal terbit! Bikin enggak nyangka!

The Help – Kathryn Stockett

Ternyata penulis novel ini, Kathryn Stockett sempat menelan pil pahit setelah dia mengirim naskahnya ke 60 penerbit, dan semuanya menolak untuk mempublikasikannya.

Hingga akhirnya, ada satu penerbit yang bersedia, dan enggak disangka novel ini jadi laris banget di tahun 2009. Bahkan sudah diterjemahkan ke dalam 35 bahasa lho novelnya. Keren ya!

(Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Bertema Kerajaan. Wajib Baca!)

Gone With the Wind – Margaret Mitchell

foto : wikipedia

Margaret sudah mengirimkan naskah novel ini ke 38 penerbit dan dia sempat merasa putus asa karena enggak mendapatkan respon yang positif akan naskahnya.

Namun dia enggak menyerah, dan kembali mengirimkan novel ini ke penerbit yang ke-39 dan diterima! Novel ini bahkan jadi salah satu novel terlaris sepanjang masa, yang sudah juga dijadikan film dan berhasil masuk 8 kategori berbeda di Piala Oscar.