Tumit Sering Lecet Karena Sepatu Baru? Ini 4 Tips untuk Mengatasinya!

By Ifrani Rani, Selasa, 12 Juni 2018 | 14:51 WIB
mengatasi kaki lecet akibat sepatu baru (sehatly.com)

Saat membeli sebuah sepatu pasti kita sudah mencocokkannya dengan ukuran yang kita pakai. Saat mencoba tidak terasa apapun, tapi saat sudah dibeli dan dipakai kaki kita menjadi lecet karenanya.

Hal ini terjadi karena proses adaptasi sepatu baru terhadap ukuran kaki kita. Dan biasanya akan terjadi di awal aja, lama-kelamaan akan terasa nyaman. Ikuti 5 tips berikut ini agar pada saat adaptasi dengan  sepatu baru tetap tersa nyaman dan tidak sakit.

1. Heels Grips

Heels Grips

Heels Grips adalah tambalan khusus yang diletakkan di bagian tumit kaki. Selain untuk melindungi tumit dari lecet, heels grips ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sepatu yang kebesaran. Heels grips ada yang berbentuk gel, kain, atau sponge. Ketiga bahan ini sangat nyaman di gunakan, dan tidak akan membuat kaki kita lecet atau sakit.

2. Gunakan Kaos kaki

mengatasi kaki lecet akibat sepatu baru

Untuk menghindari gesekan dari tumit dan sepatu, dapat kita gunakan kaos kaki. Sebaiknya kita memilih kaos kaki yang cukup tebal, jangan terlalu tipis. Karena tekstur dari sepatu yang umumnya cukup keras, sehingga kaos kaki tipis hanya akan membuat kaki kita semakin sakit dan lecet.

(Baca juga: 5 Model Sepatu yang Cocok Saat Memakai Celana Pendek Biar Lebih Kece)

3. Gunakan Deodoran

Tekstur yang dimiliki oleh deodoran akan membuat permukaan sepatu lebih licin dan tidak kaku. Selain itu juga akanmengurangi gesekkan yang dapat menyebabkan lecet pada tumit kita.

Oleskan deodoran tepat pada bagian-bagian yang sempit pada sepatu, seperti bagian belakang dekat tumit, bagian ujung kaki, dan permukaan pinggir sepatu. Setelah dioleskan diamkan selama beberapa jam.