Ini 7 Kebiasaan yang Membuat Rambut Kita Jadi Gampang Megar Berantakan

By Marcella Oktania, Jumat, 15 Juni 2018 | 16:50 WIB
rambut berantakan (pinterest.com)

Punya rambut yang megar, berantakan, dan sulit diatur adalah salah satu mimpi buruk cewek! Sayangnya, ini bisa terjadi karena kesalahan kita juga, lho.

Oleh karena itu, lebih baik hindari 7 kebiasaan ini yang malah bikin rambut semakin megar berantakan!

(Baca juga: 9 Bahan Alami Ini Bisa Meluruskan Rambut Megar Kita Lho, Yuk Coba!)

1. Sering mandi dengan air panas

mandi

Air panas akan menghilangkan seluruh kelembapan yang kita miliki, entah pada kulit ataupun rambut kita. Oleh karena itu, kurangi penggunaan air panas saat kita mandi, ya. Kalau memang pengin, kita bisa membatasi waktu mandi kita, yaitu sekitar 5-10 menit.

2. Memakai sampo yang sama terus-menerus

keramas

Memakai sampo yang sama setiap saat ternyata enggak baik buat rambut kita. Ada saatnya rambut kita butuh sedikit dibersihkan, tapi ada kalanya juga rambut butuh benar-benar sampo yang kuat. Ada juga sampo yang digunakan untuk memberikan kelembapan ekstra, tapi ada juga sampo yang dibuat untuk rambut berminyak. Apapun itu, pastikan sampo yang kita pakai sesuai dengan keadaan rambut kita saat ini, ya.

3. Jarang menyisir rambut

menyisir rambut

Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala bisa menutrisi dan membuat rambut kita lebih baik. Dengan memberikan minyak alami ke seluruh rambut kita, dijamin rambut enggak bakalan megar berantakan lagi. Oleh karena itu, yuk mulai cintai menyisir rambut kita.

4. Buru-buru mengeringkan rambut

mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut ternyata enggak boleh asal-asalan kalau enggak pengin rambut malah berantakan dan susah diatur. Cara yang benar adalah mengeringkan rambut kita dengan handuk hingga enggak menetes. Tunggu sebentar sebelum memakai hair dryer. Terakhir, pastikan enggak memakai hair dryer terlalu lama dan membuat rambut menjadi super kering dan megar.

(Baca juga: Ini 9 Cara Mudah Biar Rambut Tebal Kita Enggak Lagi Megar Berantakan)

5. Terlalu sering memainkan rambut

memainkan rambut