Wajib Ditiru! 8 Hal yang Dilakukan Orang-Orang yang Berbahagia

By Indra Pramesti, Rabu, 13 Juni 2018 | 17:30 WIB
naver dispatch ()

Punya banyak uang enggak berarti kita akan bahagia. Sebaliknya, melakukan hal-hal sepele seperti tersenyum dan memberikan kursi pada orang lain bisa membuat kita bahagia. Nah, 8 hal ini ternyata yang paling sering dilakukan sama orang-orang yang berbahagia.

(Baca juga: 5 Hal yang Bikin Introvert Bahagia! Kamu Setuju?)

Membangun relasi yang baik dengan orang lain

Orang yang berbahagia akan membangun relasi yang baik sama orang-orang di sekelilingnya, seperti keluarga, tetangga, komunitas, dan lain-lain. Relasi yang kuat ini mampu melawan depresi dan menciptakan hubungan yang kuat dan bermakna.

Menurut The World Health Organisation, angka penderita depresi terus meningkat secara drastic sejak 50-75 tahun lalu. Dan pad atahun 2020, depresi diprediksi akan menjadi penyebab kematian kedua paling tinggi di dunia.

Melakukan kegiatan yang cocok dengan kemampuan dan gaya hidup

Orang-orang yang berbahagia akan melakukan kegiatan dengan tujuan untuk kesenangan hati dan emosional. Nah, salah satu strategi yang sering dilakukan orang-orang yang berbahagia adalah dengan bersyukur dan melakukan kebaikan seperti yang tertuang dalam buku The How of Happiness yang ditulis oleh Dr. Sonja Lyubomirsky.

naver dispatch

Bersyukur

Bersyukur ternyata membawa dampak yang positif buat tubuh kita lho. Bersyukur mampu membantu kita menghadapi trauma dan stres, meningkatkan self-woth dan self-esteem, dan membantu kita untuk menghilangkan emosi negatif.

Memiliki pemikiran yang optimis

Orang-orang yang bahagia, melawan pikiran pesimisnya dengan tiga langkah. Pertama, mereka memfokuskan waktu dan energi pada hal yang bisa dia kontrol. Jadi misalnya, ketika dia mengalami kegagalan dalam melakukan energi, dia akan mengarahkan energinya buat mengontrol area lain yang dia mampu.