4 Bahan Dapur yang Terbukti Aman untuk Perawatan Rambut. Wajib Tahu!

By Ifrani Rani, Rabu, 20 Juni 2018 | 15:01 WIB
Bahan dapur untuk perawatan rambut (foto: wwd)

Rambut merupakan mahkota cewek yang harus selalu dirawat. Banyaknya masker rambut yang dijual di pasaran, membuat kita dapat melakukan masker rambut sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang di salon.

Tapi tahu enggak sih, kalau bahan-bahan yang ada di dapur dapat kita gunakan untuk masker rambut kita? Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker rambut, tidak hanya hemat, masker dari bahan alami juga jelas lebih sehat dari pada produk dalam kemasan yang mengandung bahan pengawet.

Madu

masker alami

Untuk rambut yang rusak akibat paparan sinar matahari dan polusi, kita dapat menggunakan madu. Madu mampu mengembalikan kelembapan dan tekstur rambut agar terlihat lebih halus dan berkilau. Caranya, cukup campurkan madu, minyak kastor atau minyak zaitun. Lalu oleskan ke seluruh rambut. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas samai bersih.

(Baca Juga : 3 Jenis Masker Alami untuk Kulit Muka Lebih Cerah)

Alpukat

masker alami

Untuk masalah rambut yang kusam, kita dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker agar rambut tampak berkilau. Alpukat mengandung asam lemak yang dapat mengataasi rambut kusam menjadi berkilau dan lebih sehat.

Caranya, hancurkan daging buah alpukat yang sudah matang sampai berbentuk bubur halus. Tambahkan ¼ cangkir susu murni dan 1 sendok teh minyak almond. Kemudian aplikasikan keseluruh rambut, lalu diamkan selama 15 menit.

Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih, dan pastikan tidak ada masker yang tersisa.

Yogurt