Ini 7 Alasan Utama Warna Rambut Kita Enggak Pernah Bertahan Lama!

By Marcella Oktania, Kamis, 21 Juni 2018 | 17:30 WIB
Kylie jenner rambut biru (weheartit.com)

Buat kita yang suka banget mengecat atau mengganti-ganti warna rambut, pasti pengin banget warna rambut bertahan lama, apalagi kalau warna rambut tersebut adalah kesukaan kita.

Sayangnya, hal ini susah banget dilakukan! Bisa jadi karena 7 alasan utama ini nih, girls!

(Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Membuat Warna Rambut Kita Tahan Lebih Lama!)

Enggak membiarkan pewarna menyerap ke rambut

mewarnai rambut

Kalau pewarna apapun tampaknya enggak berhasil membuat warna rambut kita bertahan lama, bisa jadi ini karena proses pewarna rambut yang salah, yaitu kita enggak membiarkan pewarna rambut menyerap ke batang rambut kita lebih lama. Hal ini bisa semakin parah kalau kita punya rambut yang beruban, lho.

Membilas dengan air panas

membilas rambut

Begitu selesai mewarnai rambut, saat membilasnya, pastikan kita enggak menggunakan air panas, ya. Ada baiknya kalau kita menggunakan air hangat atau sedikit dingin. Ini berguna biar air panas enggak membuka kutikula rambut dan membuat pewarna rambut yang sudah meresap kembali terbilas dengan air panas. Jangan sampai ini terjadi pokoknya!

Terlalu cepat keramas setelah mewarnai rambut

keramas

Setelah mengecat rambut, pastikan jangan buru-buru keramas, ya. Setidaknya, biarkan rambut kita selama 24 jam sebelum akhirnya memutuskan untuk keramas. Tapi, lebih lama lebih baik, lho.

(Baca juga: 4 Warna Rambut Ombre Yang Sesuai Dengan Warna Kulit. Wajib Tahu!)

Memakai produk yang melunturkan warna rambut

keramas

Produk rambut yang kita pakai adalah yang harus kita perhatikan benar-benar, nih, karena kenyataannya, rambut yang diwarnai butuh berbagai macam produk rambut yang lebih ekstra. Yang terpenting, pastikan kita menggunakan sampo dan conditioner yang dirancang khusus rambut diwarnai. Selain itu, enggak ada salahnya kalau kita mulai sering melakukan hair mask dan deep conditioning untuk menjaga kesehatan rambut.