Yuk, Tinggalkan 8 Hal Ini Agar Hidup Kita di Usia 20-an Lebih Baik!

By Andien Rahajeng, Jumat, 22 Juni 2018 | 13:05 WIB
(Onehallyu)

Usia 20-an adalah permulaan dari kehidupan kita sebagai orang dewasa. Agar lebih baik, kita harus menentukan mana yang baik dan enggak baik untuk masa depan kita. Semakin cepat kita meninggalkan yang enggak baik, hidup kita akan lebih tenang. Yuk, tinggalkan 8 hal ini.

(Baca juga: 7 Hal Ini Membuat Persahabatan Kita Enggak Menyenangkan di Usia 20-an.)

Drama

Drama muncul karena ada orang-orang yang memilih untuk terlibat di dalamnya. Dari pada menguras energy dan membuat kita stress, lebih baik enggak usah ikut-ikutan dan jauhi saja. Apa lagi drama di media sosial, hanya membuang waktu dengan trolls.

Toxic people

Semakin bertambah dewasa, kita semakin menyadari orang-orang toxic  yang ada di sekitar kita. Enggak tertutup kemungkinan bahwa orang ini adalah salah satu teman yang sudah lama kita kenal. Mungkin awalnya dia masih menutupi, tapi lama-kelamaan mulai keluar juga warna aslinya. Jauhi dulu mereka sampai kita menemukan solusi untuk menghadapi masalah ini.

Penyesalan masa lalu

Penyesalan masa lalu adalah salah satu beban terberat yang terus ada di pikiran kita. Satu-satunya cara adalah move on. Sadari bahwa itu semua sudah terjadi dan berlalu. Kita enggak bisa memutar waktu dan mengubahnya. Jadikan ini pelajaran untuk di masa yang akan datang.

(Baca juga: Tipe Cowok yang Bakal Tetap Bikin Naksir Meskipun Toxic, Berdasarkan Zodiak. Hati-hati!

Self-doubt

Selain penyesalan, salah satu beban pikiran di usia 20-an adalah self-doubt atau keraguan akan diri sendiri. Kita bisa punya orang tua, saudara, dan teman-teman yang suportif, tapi kita juga harus jadi supporter nomor 1 dari diri kita sendiri. Tanpa keyakinan akan kemampuan diri, dukungan dari orang-orang terdekat kita enggak berarti.