3 Manfaat Tea Tree Oil untuk Merawat Rambut yang Harus Kita Tahu

By Ifrani Rani, Kamis, 28 Juni 2018 | 12:10 WIB
Cara merawat rambut dengan tea tree oil (foto: wallpapersite)

Tea tree oil adalah minyak yang berasal dari pohon Melaleuca alternifolia yang banyak kita temukan di Australia dan Oceania. Tea tree oil dikenal bermanfaat untuk perawatan kulit, seperti mengatasi jerawat dan mengontrol minyak berlebih.

Tapi ternyata tea tree oil juga punya manfaat untuk perawatan rambut.

Berikut ini adalah 3 manfaat yang dari tea tree oil untuk merawat rambut dan kulit kepala. Bisa dilakukan di rumah, lho!

Menumbuhkan Rambut

tea tree oil

Tea Tree Oil bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Selain itu tea tree oil juga beranfaat untuk mengatasi rambut tipis atau rontok. Dengan menggunakan tea tree oil secara rutin pada rambut juga akan mempertahankan kelembapan rambut.

Caranya campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak esensial dan dipijatkan pada kulit kepala.

Treatment ini akan membantu membuka folikel rambut, menutrisi akar dan membantu kulit kepala menginduksi pertumbuhan rambut. Yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan tea tree oil langsung ke kulit kepala.

Tea tree oil memiliki formula yang kuat, sehingga harus dicampurkan dengan minyak esensial, seperti rosemary oil, santan atau minyak zaitun.

(Baca juga: 6 Rekomendasi Vitamin Rambut untuk Atasi Rambut Rontok Ini Bisa Dicoba)

Mencegah Rambut Rontok

tea tree oil

Masalah rambut yang paling sering kita alami adalah rambut rontok. Rambut rontok biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur serta peredaran darah yang tidak lancar. Oleh karena itu, tea tree oil bisa menjadi solusi yang aman dan ampuh untuk mengatasinya.