Wajib Tahu! 7 Ciri-Ciri Kalau Kita Sehat Secara Emosional

By Indra Pramesti, Kamis, 5 Juli 2018 | 17:00 WIB
doctors ()

Apakah kamu sehat secara emosional? Jangan terlalu cepat buat menjawabnya, girls. Sehat secara emosional adalah hal yang rumit. Ini karena kesehatan emosional ada kaitannya dengan emosi kita dalam hal percintaan, kerja/akademik, dan kehidupan sosial.

Namun pada dasarnya seseorang yang sehat secara emosional memiliki 7 ciri-ciri berikut. Apakah kamu salah satunya?

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Putus Itu Menyakitkan Secara Emosional!)

Paham dengan emosi yang kita rasakan

Orang yang sehat secara emosional akan memahami seperti apa emosi yang tengah dia rasakan. Jika kita enggak bisa memahami emosi tersebut, kita juga enggak akan bisa memahami emosi orang lain.

Makanya, kita harus tahu kapan kita merasa sedih, marah, takut, dan kapan merasa senang. Dengan memahami emosi yang kita rasakan, kita jadi bisa mengungkapkannya dengan cara yang tepat.

Tetap bangkit meski gagal

Kita enggak bisa mengelak dari kegagalan. Ini adalah salah stau fase dalam hidup yang pasti kita alami. Tapi seseorang yang sehat secara emosional akan mampu keluar dari fase pengin menyerah. Sebaliknya, dia akan mengontrol mindset-nya untuk bangkit dan mulai memperbanyak berpikir positif.

Percaya selalu ada alasan di balik semua hal

Orang yang sehat secara emosioal akan menemukan arti atau pelajaran dari apapun yang dia alami. Jadi meskipun sedang menghadapi masalah yang berat, mereka tetap beradaptasi dan menyadari sisi positif yang mereka dapatkan.

Mencintai diri sendiri

Umumnya, orang yang sehat secara emosional akan mencintai dirinya sendiri sekalipun dalam situasi yang buruk. Enggak pernah mengkritik diri sendiri dan mengurangi pikiran-pikiran yang negatif.