Ini 7 Tanda Kalau Kita Punya Kulit Kombinasi. Yuk Perhatikan!

By Marcella Oktania, Rabu, 11 Juli 2018 | 12:00 WIB
kulit kombinasi (allure.com)

Enggak seperti kulit berminyak dan kering, kulit kombinasi lebih susah diidentifikasi. Ini karena kulit kombinasi adalah gabungan kulit berminyak, kering, normal, dan sensitif!

Biar enggak lagi pusing, yuk ketahui 7 tanda kalau kita punya jenis kulit kombinasi!

(Baca juga:Wajib Tahu! 5 Tips Perawatan untuk Kulit Kombinasi)

1. Beberapa menit setelah mencuci muka, beberapa area kulit berminyak

mencuci muka

Mencuci muka akan mengembalikan kondisi wajah kita seperti memiliki kulit normal. Tapi, kalau dalam minimal 20 menit kulit kita malah sudah berminyak di daerah t-zone dan di area lainnya terasa kering tertarik, sudah pasti kita memiliki jenis kulit kombinasi, nih!

2. Memakai pelembap untuk kulit normal membuat area pipi terasa enak, tapi t-zone super berminyak

memakai pelembap

Mencari pelembap adalah salah satu hal yang sulit buat kita yang punya kulit kombinasi. Kita merasa pelembap untuk kulit normal adalah jawabannya, padahal enggak, lho. Pelembap untuk kulit kering dan berminyak juga sama sekali enggak cocok buat beberapa area di wajah kita.

3. Pori-pori di sekitar hidung terlihat lebih besar daripada pipi dan rahang

komedo

Kulit berminyak biasanya pori-porinya terlihat jelas pada seluruh wajah. Tapi, pada kulit kombinasi, pori-pori hanya akan terlihat jelas pada bagian hidung, enggak pada pipi atau di sekitar rahang.

4. Kita ketombean

ketombe

Ketombe adalah salah satu tanda paling terlihat kalau kita punya kulit kombinasi, walaupun enggak semuanya yang berketombe pasti punya kulit kombinasi. Ini karena kita yang punya kulit kombinasi sangat normal punya kulit yang berminyak sekaligus kering, enggak terkecuali pada bagian kulit kepala kita.

5. Kulit berjerawat sekaligus kering

kulit bermasalah

Biasanya, kulit berjerawat bakalan berminyak di sekitar areanya. Nah, kita yang punya kulit kombinasi bakalan punya kulit terkelupas di sekitar jerawat, lho.