Benarkah Ghost di film Ant-Man and the Wasp Adalah Baba Yaga?

By Istihanah, Kamis, 12 Juli 2018 | 12:50 WIB
Ant Man and The Wasp (foto: polygon)

Akhirnya kita dapat mengetahui siapa itu Ghost karakter antagonis yang ada dalam film Ant-Man and the Wasp, tetapi kita pasti akan bertanya lagi, apa sih Baba Yaga?

Nama itu muncul saat Scott Lang bertemu dengan mantan penjahat yang kini menjadi partnernya untuk membantu memberantas kejahatan. Saat itu, membicarakan mengenai seorang cewek yang mereka sebut Ghost. Kekuatan yang dimiliki wanita itu terdengar sangat jauh dari science dan lebih mirip dengan dongeng, hingga akhirnya Kurt membandingkannya dengan Baba Yaga, tokoh dongeng yang sangat legedaris asal Rusia.

(Baca juga : 3 Alasan Kenapa Ant Man Muncul di Captain America: Civil War)

Saat itu Kurt menceritakan tentang seorang wanita menakutkan yang hidup di hutan dan datang dengan suara musik yang menyeramkan. Namun, jika kita enggak pernah mendengar tentang Baba Yaga, semua yang dikatakan Kurt akan hilang begitu saja, kecuali saat Kurt mengatakan bahwa dia adalah penyihir. Lalu siapa sebenarnya Baba Yaga? Apakah benar Ghost adalah Baba Yaga? Yuk, simak penjelasannya berikut.

Berasal dari Rusia

Baba Yaga merupakan karakter penyihir yang berasal dari Cerita Rakyat Rusia. Dalam legenda Rusia, Baba Yaga digambarkan sebagai nenek tua yang hidup di sebuah gubuk dalam hutan. Nama Baba Yaga sendiri diambil dari kata babushka yang memiliki arti ‘nenek.’

Penyihir tanpa Sapu Terbang

Baba Yaga
 

Kalau biasanya kita kenal penyihir selalu naik sapu terbang, enggak demikian dengan Baba Yaga. Dikisahkan, Baba Yaga yang memiliki kekuatan supranatural ini terbang menggunakan alu besar sambul memegang lesung di tangannya.

Menyeramkan

Sama seperti kebanyakan penyihir dalam dongeng, Baba Yaga juga digambarnya sebagai figur yang menyeramkan. Badannya bungkuk, hidungnya panjang, memiliki cakar dan juga gigi besi.

(Baca juga : 3 Teori Film Untitled Avengers dari Film Ant-Man and The Wasp)