Ini Akibat yang Bakal Kita Rasakan Kalau Sering Mengigiti Kuku!

By Marcella Oktania, Selasa, 17 Juli 2018 | 18:00 WIB
menggigit kuku (oralanswers.com)

Kita pasti punya kebiasaan yang susah kita hilangkan, walaupun kita tahu enggak baik, seperti menggigiti kuku.

Banyak orang merasa kalau mengigiti kuku tidak memiliki efek apapun.  Padahal, selain membuat bentuk kuku kita jadi enggak beraturan, ada banyak akibat lain yang ditimbulkan, lho! Yuk ketahui bersama!

(Baca juga: Sering Gigitin Kuku? Hilangkan Kebiasaan Itu dengan 5 Cara Mudah Ini! )

1. Infeksi kulit

kuku bengkak

Suka menggigit kuku bakalan meningkatkan resiko infeksi bakteri di bawah kuku, yang bakal menyebabkan kemerahan dan bengkak pada kulit di sekitar kuku!

2. Kelainan bentuk kuku

kuku pendek

Menggigit kuku terlalu sering juga bakal merusak matrix kuku, yaitu jaringan tisu yang ada pada kuku kita. Alhasil, kuku kita bakalan berbentuk aneh, misalnya ada garis horizontal pada kuku atau bahkan kuku kita enggak bakalan tumbuh lagi!

3. Merusak gigi

gigi

Enggak hanya merusak kuku kita, menggigit kuku juga merusak gigi kita! Gigi bakalan jauh lebih sering rusak ataupun retak! Bahkan, bisa mengubah warna gigi kita menjadi gelap dan jelek.

4. Mengganggu cara menggigit

menggigit apel

Selain merusak bentuk gigi kita, cara kita menggigit juga bakalan terganggu. Ini karena biasanya kita selalu menggunakan gigi yang sama saat sedang menggigiti kuku. Gigi kita bakalan bergerak ataupun berputar. Alhasil, cara kita menggigit bakalan berubah!

5. Sakit gigi

sakit gigi

Tahu enggak, sih terkadang serpihan kuku kita bisa menyangkut ke sela-sela gigi dan terasa sangat sakit? Ini bahkan bisa bikin gigi kita bengkak dan infeksi!