Ini 5 Tanda Kalau Pacar Berusaha Mengontrol Kita. Hati-Hati, Girls!

By Andien Rahajeng, Selasa, 17 Juli 2018 | 16:50 WIB
()

Protektif dan suka mengontrol, apa sih bedanya? Terkadang perbedaan yang tipis ini sulit kita sadari di awal hubungan. Sifat pacar yang protektif bisa membuat kita merasa disayang dan dilindungi. Tapi kalau mengatur dengan paksaan, lebih baik kita pikir-pikir lagi.

Perhatikan 5 tanda ini. Pacarmu melakukannya?

(Baca juga: Kenali 4 Tanda Codependent Relationship yang Enggak Sehat. Jangan Sampai Kita Terjebak!)

Dia merasa paling tahu segalanya

Cowok yang suka mengontrol merasa tahu segalanya dan berekspektasi kita harus menerima keadaan ini. Berbagai pendapat kita dalam segala aspek, seperti isu sosial-politik sampai isu personal enggak dia anggap. Dia juga akan membuat kita merasa lebih rendah darinya kalau kita berpendapat berbeda. 

Kalau kita berusaha mempertahankan pendapat, dia akan terus mencari-cari kesalahan kita. Berpacaran dengan cowok seperti ini akan membuat kita sulit berkembang.

Kita mengubah diri untuk memenuhi keinginannya

Saat naksir cowok, terkadang ada cewek yang pengin mengubah penampilannya agar lebih percaya diri. Misalkan dengan lebih merawat kulit, rajin berolahraga, dan sebagainya. Selama hal ini masih bermanfaat untuk diri kita sendiri, sebenarnya bukan masalah. Tapi kalau pacar yang menyuruh kita untuk mengubah diri kita dan marah apabila enggak kita turuti, harus waspada nih. Terlebih kalau itu adalah hal yang ekstrim seperti harus menurunkan berat badan drastis, atau malah mengubah kepribadian kita.

(Baca juga: 4 Alasan Cowok Suka Mengontrol Kita alias Melakukan Kekerasan Emosional)

Ingat, girls, pacar enggak berhak mengatur kita dalam hal yang personal seperti ini. Kalau pengin mengubah penampilan, pastikan itu adalah keinginan kita sendiri. Lagi pula, pacar yang baik adalah yang memotivasi kita untuk berubah menjadi lebih baik, tanpa paksaan.

Mengontrol dengan ancaman

Yup, memang ada beberapa cowok yang bilang secara terang-terangan sejak awal bahwa dialah yang punya kendali dalam hubungan kita. Dari awal saja dia sudah merasa superior dari kita, bayangkan akan sekacau apa hubungan kita kalau bertahan lama-lama. Meski ada yang mengucapkan ini sebagai gertakan, tetap saja sudah termasuk red flag. Kalau pacar kita seperti ini, better run as fast as you can! 

(Baca juga: 3 Hal di Balik Cowok yang Suka Mengatur Pakaian Kita)

Perlakuannya terhadap mantannya juga begini

Tanda yang satu ini cukup tricky untuk dicari tahu, terlebih kalau mantan pacar cowok kita enggak berada di lingkunan yang sama dengan kita. Tapi kalau kita bisa menghubungi dia dan diia mengakui bahwa cowok ini memang suka mengontrol, lebih baik kita dengarkan dulu. Jangan langsung berprasangka buruk bahwa si mantan pengin kita dan pacar kita putus. Bisa jadi dia memang ingin mengingatkan kita agar kejadian buruk enggak terulang pada kita, girls.