Jangan Konsumsi Buah 5 Buah Ini Saat Sedang Minum Obat. Bahaya!

By Istihanah, Rabu, 18 Juli 2018 | 22:00 WIB
Buah untuk merawat kulit berminyak (foto: kpop.asiachan)

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makaan yang penting untuk nutrisi tubuh. Selain mengandung mineral dan vitamin, buah juga memiliki kandungan serat yang tinggu dan bisa membut kita kenyang lebih lama. Enggak cuma itu girls! buah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Mulai dari melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker.

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa buah yang justru berbahaya dan harus dihindari saat kita sedang mengonsumsi obat-obatan, girls! Nah, berikut lima buah yang sebaiknya kita hindari selama mengonsumsi obat-obatan.

(Baca juga : Mau Kulit Halus? Coba 7 Produk Perawatan Kulit dengan Kandungan Buah Olive Ini!)

Apel

Apel boleh saja dimakan selama kita sakit, tetapi jangan langsung disantap usai kita meminum obat. Karena kandungan yang ada dalam buah berwarna merah ini dapat menghambat tubuh menyerap khasiat obat. Sebaiknya, kita memberikan jeda waktu sekitar empat jam setelah meminum untuk mengonsumsi apel.

Jeruk

Meskipun jeruk memiliki banyak kandungan vitamin C, tetapi ada baiknya buah ini enggak kita konsumsi usai meminum obat, girls!

Karena jeruk yang bercampur dengan obat bisa membuat kerja otot terganggu, selain itu kita juga akan merasa sangat mengantuk bahkan bisa menyebabkan halusinasi.

Selain itu, jeruk bali juga sebaiknya dihindari karena mengandung senyawa yang dapat memblokir gangguan di usus dari sejumlah obat seperti obat penurun kolesterol (statin), antidepresan, obat migrain, pengencer darah, obat tekanan darah dan obat diabetes.

(Baca juga : Pengin Menurunkan Berat Badan? Hindari Makan 8 Buah-Buahan Ini)

Nanas

Memakan nanas bersamaan dengan obat sebaiknya dihindari. Karena mengonsumsi buah yang banyak vitamin C nya ini dapat meningkatkan tekanan darah. Enggak cuma itu, buah yang memiliki mahkota ini juga dapat mengahambat penyerapan obat di tubuh kita, apalagi jika kita sedang minum obat antibiotik.

Anggur

Meskipun memiliki banyak vitamin dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh, tetapi anggur sebaiknya hindari saat mengonsumsi obat. Karena buah ini dapat menghancurkan kadungan yang ada di dalam obat sehingga efektivitas obat untuk diserap tubuh semakin terganggu.

(Baca juga : Wajib Konsumsi 5 Buah yang Bisa Bikin Gigi Jadi Putih Bersinar!)

Durian

Durian mengandung banyak vitamin seperti vitamin C dan kaya kalsium, serta zinc yang berdampak bagus untuk kesehatan mata dan jaringan kulit. Kandungan asam folat yang ada dalam buah berduri ini akan meningkatkan produksi sel darah merah yang kaya oksigen.

Namun, sebaiknya buah ini kita dihindari saat sedang sakit. Karena kandungan zat-zat seperti methanol, ethanol, sulfur, dan bahkan alkohol dalam durian berbahaya.Apalagi, bagi orang yang sedang menderita sakit maag dan diabetes sebaiknya menjauhi buah ini untuk sementara.

Selain buah-buahan, kita juga sebaiknya menghindari minum susu langsung setelah minum obat karena dapat mengganggu penyerapan beberapa obat antibiotik dan suplemen zat besi.

 

Artikel ini pernah tayang di Nakita.id dengan judul 5 Buah Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Bersama Obat, Bahaya!