Hidup Mewah, Begini Cara Keluarga Kerajaan Inggris Mendapatkan Uang

By Istihanah, Kamis, 19 Juli 2018 | 16:00 WIB

Keluarga kerjaan Inggris raya merupakan salah satu kerajaan yang masih masyur hingga kini. Enggak sedikit dana yang dihabiskan untuk pembiayaan mereka setiap tahunnya. Setidaknya, 368 juta USD atau senilai Rp5,2 triliun mereka habiskan setiap tahun untuk menjalankan fungsi monarkinya.

Lalu, dari mana sih Ratu Elizabeth II dan keluarga mendapatkan uang yang jumlahnya tidak sedikit itu? Dilansir dari insider, keluarga kerajaan mendapatkan kekayaan dari berbagai sumber, mulai dari publik hingga swasta. Berikut rinciannya:

(Baca juga : 10 Tradisi Aneh yang Ada di Kerajaan Inggris. Bikin Enggak Nyangka!)

Sovereign Grant

Sovereign Grant merupakan merupakan dana tunai yang diterima Ratu setiap tahunnya. Dana ini berasal dari perbendaharaan dan didanai oleh pembayar pajak. Bentuk kesepakatannya adalah, Ratu mendapat hibah dengan imbalan menyerahkan semua keuntungan dari Crown Estate kepada pemerintah. Setiap tahunnya, Ratu diberikan uang yang setara dengan 15% dari dua tahun lalu.

The Sovereign Grant biasanya digunakan untuk membiayai perjalanan keluarga, pemeliharaan istana dan utilitas, serta gaji pegawai kerajaan.

Privy Purse

Privy Purse adalah penghasilan pribadi Ratu yang berasal dari kadipaten Lancaster, seperti hasil dari tanah dan aset milik keluarga kerajaan. Ini mencakup 18.433 hektar lahan dan terdiri dari properti perumahan, lahan komersial, dan pertanian.

Dari tahun 2015 hingga 2016, sumber ini menghasilkan £ 17,8 juta atau senilai dengan Rp312 miliar.

(Baca juga : 8 Seleb Hollywood Ini Ternyata Kagum Sama Keluarga Kerajaan Inggris!)

Menurut situs web keluarga kerajaan, jumlah ini membantu membayar "biaya yang dikeluarkan oleh anggota keluarga kerajaan lainnya."

Sang Ratu juga memiliki kekayaan pribadi yang diperkirakan sekitar £ 340 juta atau sekitar Rp5,9 Triliun.Meskipun kaya, namun Ratu Elizabeth bukan salah satu dari 300 orang terkaya di dunia.

Pangeran Charles