5 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Oleh Kita!

By Debora Gracia, Selasa, 24 Juli 2018 | 14:35 WIB
()

Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang paling sering dialami oleh cewek. Kanker ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang sangat menular.

Kita bisa mendeteksi lebih awal penyakit ini, dengan melihat tanda-tanda peringatan di bawah. Kalau kita mengalaminya, akan lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

Simak lebih lengkapnya, yuk!

1. Munculnya kutil

Seorang ginekolog Rosa Maria Leme bilang kalau munculnya kutil kecil (eksternal dan internal) adalah tanda untuk beberapa penyakit seperti HPV, yang sangat meningkatan kemungkinan kanker serviks pada cewek.

2. Nyeri dan pendarahan

Jika panggul terasa tidak nyaman dan terjadi perdarahan juga merupakan tanda peringatan dari kanker serviks karena dinding serviks mengering dan bahkan retak karena pertumbuhan sel yang tidak normal.

Perdarahan rektal atau kandung kemih juga dapat terjadi meskipun pada stadium lanjut. Pendarahan di luar menstruasi juga harus diwaspadai, girls.

Rasa nyeri juga bisa terjadi area pinggang, pinggul, hingga pembengkakan kaki.

(Baca juga: 7 Cara Menjaga Kebersihan Vagina Untuk Mencegah Kanker Serviks)

3. Anemia

Tanda lain dari kanker ini adalah terserang anemia. Jika kita merasa sering cepat lelah, atau detak jantung meningkat, kita harus memeriksakan diri untuk mengetahui alasan di balik gejala tersebut.