Enggak Cuma “Kiki Challege” Tantangan Ini Pernah Viral di Indonesia

By Istihanah, Selasa, 31 Juli 2018 | 13:30 WIB
()

Tantangan #InMyFeelingsChallenge saat ini sedang viral di berbagai negara, termasuk Indonesia. Netizen diminta untuk berjoged diiringi lagu In My Feelings  di luar mobil yang sedang berjalan dan dalam keadaan pintu mobil terbuka. Meskipun dianggap berbahaya, tetapi masih banyak lho yang melakukan tantangan yang juga disebut #KikiChallenge2018 itu. 

Ternyata, enggak cuma “Kiki Challenge” tantangan berbahaya berikut ini juga pernah viral di Indonesia. Yuk, disimak!

(Baca juga : 6 Idol Kpop yang Sudah Mengikuti #InMyFeelingsChallenge. Keren!)

Skip Challenge

Tantangan ini mengharuskan seseorang atau lebih menekan dada orang sekencang munkin hingga orang tersebut kesulitan bernapas. Akibatnya orang tersebut akan kehilangan kesadaran beberapa saat, bahkan beberapa kasus dapat menghilangkan nyawa orang tersebut.

Tantangan ini mulai viral pada awal 2017 dan kebanyakan dilakukan oleh pelajar. Karena terlalu berbahaya akhirnya berbagai pihak temasuk Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy mengeluarkan imbauan kepada pihak sekilah agar lebih aktif mencegah merebaknya Skip Challenge di kalangan pelajar.

Menurut dokter spesialis syaraf Wawan Mulyawan, kegiatan menekan dada seseorang hingga kencang dapat mengakibatkan oksigen ke otak terhambat. Resikonya mulai dari menyebabkan pusing, kehilangan kesadaran sementar, hingga stroke yang berujung kematian.

(Baca juga : 15 Momen Ketika Seleb Kpop Mengikuti Tantangan Viral. Gemas Abis!

Ice Bucket Challenge

Kalau tantangan yang satu ini memang banyak dilakukan oleh kalangan seleb, girls. Meskipun berbahaya, tetapi tujuan diadakannya tantangan ini sebenarnya baik lho. Tren ini diadakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakan akan penyakit skelerosis lateral amiotrofik (ALS) dan mengumpulkan sumbangan untuk penelitian penyakit tersebut. Ice Bucket Challenge mengharuskan seseorang mengguyurkan seember air es di kepala dan merasakan sensasi dingin. Setiap irang yang melakukan tantangan ingin diminta untuk mengajal orang lain melakukan hal serupa. Pada setiap unggahan, terdapat donasi sebesar 10-100 Dollar AS.

Namun, tantangan ini memiliki risiki, misalnya detak jantung yang menurut dan ritme jantung terganggu, hingga dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas karena laring yang tertutup. Tren ini ramai dilakukan orang Indonesia pada pertengahan 2014 silam. 

In My Feeling Challenge