8 Tanda Hubungan dengan Pacar yang Sehat! Kita Sudah Mengalaminya?

By Siti Fatimah, Senin, 6 Agustus 2018 | 20:41 WIB
familiar wife ()

Siapa sih yang enggak punya hubungan pacaran yang enggak toxic? Hubungan yang bebas dari segala sesuatu yang toxic bisa dikatakan sebagai hubungan yang sehat. Seperti apa sih tanda-tanda hubungan yang sehat itu?

Ini 8 tanda hubungan yang sehat. Kalau hubungan kamu sama pacar gimana?

(Baca juga: 11 Singkatan Gaul Bahasa Inggris Tentang Cinta yang Perlu Kita Tahu)

Saling mendengarkan

Mendengarkan dan didengar adalah hal penting dalam sebuah hubungan. Salah seorang relationship therapist, Cyndi Darnell, menjelaskan daripada menghabiskan energi hanya untuk menyamakan semua hal tentang kita dan pasangan, lebih baik fokus untuk selalu mendengarkan.

Enggak mungkin kita selalu setuju 100% sama apa yang dikatakan pacar. 50% kesuksesan komunikasi adalah saling mendengarkan.

Merasa tidak pernah terancam untuk mencintai satu sama lain

Kalau salah satu pihak mulai sering mengancam dengan dikit-dikit bilang putus, hubungan kita bukannya kian lengket dan awet tapi yang ada akan memburuk!

Bethany Ricciardi, salah satu pakar relationship, bilang hubungan yang sehat itu punya pondasi yang kuat dan enggak perlu ada ancaman. Meskipun ancaman itu enggak sungguh-sungguh, jangan lupa betapa kuatnya kata-kata dari mulut kita bisa berpengaruh terhadap sesuatu. Selalu berpikir positif, girls!

(Baca juga: 4 Keuntungan Ini Bisa Kita Rasakan Saat Pacar Lagi Sibuk, Lho!)

Enggak keberatan untuk menghabiskan waktu terpisah

Menjalin hubungan enggak selalu harus melakukan semuaaaaa kegiatan bersama-sama. Terkadang kita juga membutuhkan waktu untuk sendiri, atau menghabiskannya dengan keluarga dan sahabat.

Dalam hubungan yang sehat, kita enggak memaksakan kehendak untuk selalu terus-terusan sama pacar, dan baik kita atau dia memberikan ruang untuk menikmati waktu masing-masing.