5 Langkah Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak Menurut Dermatologis

By Jana Miani, Rabu, 8 Agustus 2018 | 12:18 WIB
(instagram.com/chelseaislan)

Kulit berminyak memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Yang sudah kita ketahui, memiliki kulit berminyak bikin kita cenderung lebih mudah berjerawat karena menumpuknya minyak di pori-pori. Tapi sebenarnya lebih mudah memelihara kulit berminyak dibanding kulit kering dan sensitif lho, girls. Dilansir dari Allure, teknik layering sangat bagus untuk kulit kita karena melayer produk dapat membuat rangkaian skincare jadi lebih kuat sehingga kulit jadi lebih sehat. 

Berikut ini 5 langkah perawatan wajah untuk kulit berminyak menurut dermatologis.

(Baca juga: Wajah Bebas Kilau dengan 7 Bedak Tabur Lokal Untuk Kulit Berminyak)

1. Mulailah dengan toner

Banyak orang yang enggak menganjurkan untuk menggunakan toner, alasan karena kandungan alkohol yang bisa membuat kulit kering. Padahal jika kita memilih jenis toner yang tepat untuk kulit kita, toner dapat membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat lho. Toner dengan kandungan salicylic acid dapat menghilangkan sel kulit mati dengan lembut yang menumpuk di pori-pori dan mencegah munculnya jerawat. Salicylic acid juga berguna sebagai anti radang, girls.

2. Spot Treatment

Ketika muncul jerawat, kita harus cepat-cepat mengatasinya agar jerawat enggak meradang. Sebaiknya gunakan spot treatment yang mengandung benzoyl peroxide dengan dosis yang rendah (3.5%) untuk mengurangi iritasi. 

3. Gunakan soothing skincare

Sebaiknya pilihlah skincare yang ringan dan dapat menenangkan kulit. Skincare dengan kandugan ekstrak aloe vera, camomile atau ruscus dapat membuat membuat wajah jadi lebih rileks sekaligus dapat mengurangi kulit kemerahan.