Hati-Hati! Jangan Sembarangan Memencet Bintik Diwajah. Berbahaya!

By Ifrani Rani, Jumat, 31 Agustus 2018 | 05:25 WIB
kim sejeong (kpop)

Jerawat atau berbagai bintik di wajah memang membuat kita gatal untuk memencetnya. Rasanya kita ingin sekali cepat-cepat menghilangkannya dari wajah, hal inilah yang membuat kita gatal untuk memencetnya. Padahal ada beberapa bintik diwajah yang sebaiknya tidak dipencet jika ingin memiliki wajah yang mulus. Apa saja?

Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

ingrown hair

Walaupun gemas sebaiknya rambut ini dibiarkan saja, karena mencabut hanya akan menciptakan trauma tanpa mengatasi atau melepaskan yang tumbuh kedalam, yang mengarah ke peradangan dari jaringan perut. Jika rambut ini tumbuh tertanam kuat, maka dokter mungkin perlu melepaskan  ingrow dengan jarum steril.

( Baca Juga: 5 Penyebab Enggak Terduga Muncul Bintik-bintik Pada Wajah. Wajib Tahu! )

Cold Sores

cold sores

Berbeda degan sariawan, jika sariawan muncul di mulut bagian dalam, cold sores biasanya muncul di bibir atau mulut bagian luar. Hindari menyentuhnya dengan tisu, karena hanya akan membuatnya menyebar. Cold sores ini biasanya juga disebut dengan jerawat biasa, karena rasa kesemutan akan menyertainya.

Milia

milia

Milia merupakan tonjolan putih kecil yang mungkin pernah timbul di wajah kita, yang tidak boleh kita pencet atau[un kita cabut. Hal ini karena milia tidak memiliki lubang di kulit, dan terbungkus seperti kista. Untuk menghilangkannya kita dapat meminta bantuan seorang professional dengan jarum halus untuk memecahkan permukaan dan mengeluarkan kistanya.

( Baca Juga: Kenali Apa itu Milia, Penyebabnya, Ciri-cirinya, dan Cara Mengatasinya. Wajib Tahu! )