Rambut Selalu Berminyak? Bisa Jadi Ini 5 Tanda yang Ingin Disampaikan!

By Marcella Oktania, Rabu, 29 Agustus 2018 | 21:00 WIB
rambut lepek dan berminyak (hairstylehub.com)

Rambut yang berminyak bakalan terlihat seperti kotor dan flat. Belum lagi rambut berminyak bisa membuat penampilan kita terlihat enggak lengkap, nih.

Tapi, kalau rambut kita berminyak tanpa alasan, bisa jadi rambut berminyak dan lepek kita pengin memberitahukan sesuatu ke kita, lho!

Yuk cari tahu 5 hal yang menjadi tanda yang diberikan rambut berminyak & lepek kita tentang kecantikan dan kesehatan!

(Baca juga: Rambut Berminyak Menyebalkan? Cari Tahu 5 Kesalahan Merawatnya!)

1. Cara kita keramas salah

keramas

Girls, rambut yang berminyak bisa terjadi karena kita terlalu banyak keramas! Keramas memang bisa menghilangkan debu, kotoran, dan minyak pada kulit kepala. Tapi kalau terlalu sering keramas, minyak di kepala akan terus dihilangkan dan akan diproduksi semakin banyak untuk melindungi kulit kepala kita, lho. Enggak heran kalau rambut kita jadinya malah makin lepek.

Selain itu, kita juga enggak boleh menggunakan conditioner di kulit kepala. Conditioner hanya boleh melapisi batang rambut kita yang membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada akar rambut yang sudah dinutrisi oleh minyak alami yang diproduksi rambut kita. 

2. Perhatikan produk styling rambut

hair spray

Produk styling rambut memang terkadang diperlukan untuk menjaga tatanan rambut lebih tahan lama. Masalahnya, terlalu banyak menggunakannya bisa menyebabkan rambut kita malah semakin lepek, karena pada dasarnya produk styling rambut itu jauh lebih berminyak dan lengket.

3. Hormon sedang enggak stabil

sakit perut

Tiba-tiba rambut kita lepek padahal sudah keramas dengan benar? Tandanya hormon kita lagi enggak stabil, nih. Bisa jadi penyebabnya adalah karena siklus menstruasi kita.

4. Cuci sarung bantal secepatnya

tidur