7 Kesalahan Menata & Merawat Rambut yang Membuat Kulit Berjerawat

By Marcella Oktania, Kamis, 30 Agustus 2018 | 21:55 WIB
berjerawat (ohmymaster.com)

Jerawat ternyata enggak hanya muncul karena cara kita merawatnya, makanan, dan juga lingkungan, tapi bisa juga dari rambut kita!

Enggak percaya? Makanya cari tahu 7 kesalahan merawat dan menata rambut yang ternyata malah bikin kulit kita berjerawat!

(Baca juga: Hanya Lakukan 3 Hal Penting Ini Sebelum Memencet Jerawat Kita!)

1. Punya poni

Zooey Deschanel berponi

Kalau kita punya poni, minyak alami yang diproduksi rambut kita dan terkena ke kulit dahi bisa menyebabkan jerawat!

2. Menggunakan sampo 2-in-1

keramas

Percaya atau enggak, sampo 2-in-1 bisa menyebabkan jerawat, karena formulanya sangat berat dan residunya bisa bertahan di rambut kita berhari-hari serta berpindah ke kulit tanpa kita sadari, yang akhirnya menyumbat pori-pori kulit wajah. 

3. Keramas di saat yang enggak tepat

keramas

Kalau pengin wajah kita bebas jerawat, sebaiknya keramas di malam hari sebelum tidur. Ini karena saat tidur, kita enggak bisa mengontrol pergerakan kita, sehingga bisa jadi rambut kita benar-benar menutupi dan mengotori wajah kita.

4. Enggak sengaja mengenai produk styling ke wajah

memakai hair spray

Tanpa disadari, kita yang suka memakai produk styling biasanya mengenai wajah kita, entah itu di dekat garis rambut, telinga, ataupun bagian rahang! Ini bakalan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, lho!

5. Tidur dengan rambut digerai

tidur dengan rambut digerai

Jangan pernah sekalipun mengerai rambut kita saat tidur. Rambut yang digerai saat tidur bakalan menyentuh wajah kita. Untuk itu, pastikan kita selalu mengikatnya atau membuat bun untuk menghindari rambut mengenai kulit wajah kita.